Tim SAR Gabungan Tandai Dua Sinyal Lokasi Black Box Sriwijaya Air SJ-182

Komaruddin Bagja, Sindonews · Minggu 10 Januari 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 10 337 2342091 tim-sar-gabungan-tandai-dua-sinyal-lokasi-black-box-sriwijaya-air-sj-182-xc1nxv5euD.jpg Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto: Komaruddin Bagja)

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, Tim SAR Gabungan menemukan titik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di sekitar Pulau Lancang dan Pulau Laki Kepulauan Seribu.

"Alhamdulillah berkat doa masyarakat Indonesia titik jatuhnya SJ128 sudah kita temukan dan saat ini seluruh prajurit TNI di lokasi khususnya AL mendukung Basarnas untuk ambil pecahan dan potongan pesawat SJ182," kata Panglima di JICT II, Minggu (10/1/2021).

Hadi menambahkan, bagian kecil pesawat bisa diambil tapi bagian besar akan membutuhkan bantuan kapal dengan kemampuan trim untuk angkat bagian-bagian tersebut.

Baca Juga: Pantauan Udara, Begini Proses Pencarian Sriwijaya Air SJ-182 dari Pesawat CN-295

Pihaknya menambahkan, tim juga telah menemukan lokasi di mana titik black box ditemukan.

"Kedua, TNI dan Basarnas termasuk Polri hingga saat ini terus berupaya untuk dapatkan Black Box yang posisinya diduga kuat posisi black box yang kita cari. Terbukti dua sinyal yang dikeluarkan oleh black box terus bisa dipantau dan sudah kita beri marking," tambahnya.

Ia berharap dalam waktu dekat operasi SAR membuahkan hasil maksimal. "Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama sehingga black box bisa kita angkat sebagai bahan KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan tersebut. Berkat doa masyarakat Indonesia rencana pengakatan potongan-potongan pesawat di kedalaman kurang lebih 23 meter, bisa segera diangkat," urainya.

Baca Juga: RS Polri Terima Laporan Ante Mortem 12 Keluarga Korban Sriwijaya Air SJ-182

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini