Sriwijaya Air SJ-182 Jatuh, Ucapan Belasungkawa Mengalir dari Negara-Negara Sahabat

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 10 Januari 2021 10:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 10 337 2341919 sriwijaya-air-sj-182-jatuh-ucapan-duka-cita-mengalir-dari-negara-negara-sahabat-ZumySuj2h5.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang mengangkut 50 penumpang pada Sabtu (9/1/2021) menjadi tragedi yang mengejutkan Indonesia di awal tahun 2021. Sejumlah perwakilan negara-negara sahabat turut menyampaikan belasungkawa dan simpatinya atas kejadian ini.

Pemerintah Turki melalui kementerian luar negeri mengungkapkan “kesedihan yang mendalam” atas jatuhnya SJ-182. Ankara menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Indonesia melalui pernyataan resminya.

BACA JUGA: Kronologi Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182: Pesawat Sempat Belok Misterius

“Kami berbagi duka atas keramahan dan persaudaraan orang Indonesia. Kami berharap rahmat Allah atas mereka yang kehilangan nyawa dalam kecelakaan tragis itu dan menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada orang yang mereka cintai yang berduka,” demikian disampaikan dalam pernyataan itu, Sabtu.

Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi juga menyampaikan ungkapan serupa melalui sebuah cuitan di Twitter.

“Kami menyampaikan simpati & belasungkawa yang mendalam atas hilangnya begitu banyak nyawa yang berharga dalam kecelakaan tragis Sriwijaya Air Penerbangan 182, dalam perjalanan dari Jakarta ke Pontianak. Pikiran & doa kami untuk keluarga korban, pemerintah & saudara-saudara di Indonesia,” tulis akun resmi juru bicara kementerian luar negeri Arab Saudi.

Ucapan dukacita disampaikan Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard, yang mendoakan agar upaya pencarian korban dapat berjalan dengan lancar.

“Atas nama Prancis dan saya pribadi, saya menyampaikan keprihatinan mendalam atas musibah pesawat Sriwijaya Air #SJ182 yang dinyatakan hilang kontak, semoga operasi pencarian dan penyelamatan berjalan lancar,” kata Chambard di akun @ChambardOliver.

Presiden Vladimir Putin juga telah menyampaikan ucapan belasungkawa kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas tragedi ini. Pimpinan Duma Negara Majelis Federal Federasi Rusia, Vyacheslav Volodin juga telah mengirim surat ucapan belasungkawa kepada Ketua DPR Puan Maharani.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini