Pilot Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Dikenang Selalu Membawa Kutipan Surah Alquran di Kokpit

Rachmat Fahzry, Okezone · Minggu 10 Januari 2021 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 10 337 2341889 pilot-pesawat-sriwijaya-air-sj-182-dikenang-selalu-membawa-kutipan-surah-alquran-di-kokpit-laP11tOfJA.JPG Sriwijaya Air. (Foto/dok Okezone)

JAKARTA - Pilot Pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Kapten Afwan dikenang memiliki kebiasaan selalu meletakkan potongan surah Alquran di kokpit saat bertugas. Ia juga dikenal selalu mengajak pilot yang sabar meski ada bagian pesawat yang bermasalah.

Akun Eattillbadegg atau @rizkianoob membagikan pengalamannya terbang bersama Kapten Afwan saat mengudara bersama. Dia mengunggah video saat Kapten Afwan sedang berada di kokpit pilot.

Baca juga: Detik-Detik Terakhir Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Sebelum Jatuh

“Captain Afwan salah satu captain terbaik yang pernah saya kenal. Tidak pernah rewel walaupun pesawat ada rusak dia bilang ke teknik dengan baik dan sabar, dermawan banget lagi orangnya dan selalu identik dengan kopiah putihnya. Safeflight to jannah capt,” tulisnya memberikan keterangan pada video tersebut.

Foto/Twitter

Kepada Okezone, Minggu (10/1/2021) pemilik akun Eattillbadegg menjelaskan bahwa dia pernah bekerja bareng dengan Kapten Afwan selama kurang lebih 3,5 tahun. Pemiliki akun mengaku dia bekerja sebagai teknisi pesawat di Sriwijaya Airlines.

“Semasa saya bekerja bersama beliau banyak orang yang terinspirasi dengan beliau. Kalau ada porter, ramp, foo tahu capt Afwan mau landing di Surabaya, selalu respect (menghormati) dengan beliau,” ujarnya.

“Beliau sosok pilot yang baik penyabar, saat pesawat terkendala pun beliau tidak pernah marah selalu disambut dengan senyuman. Saya ingat betul setiap Jumat kalau landing (mendarat). Saat landing pun kalau sempat solat 5 waktu beliau menyempatkan turun dari pesawat untuk solat kadang mengajak teman-teman untuk solat jamaah,” tambahnya

Eattillbadegg menjelaskan setiap Kapten Afwan turun dari pesawat dan dia melihat kondisi di kokpit selalu ada tulisan surah Alquran.

“Setiap beliau turun dari pesawat dan saya posisi mengecek kondisi pesawat, di kokpit selalu ada tulisan surah Alquran. Saat terbang beliau menyempatkan untuk selalu berdoa,” lanjut dia.

“Pokoknya beliau sangat menginspirasi. Pilot satu-satunya yang saya kenal dan identik selalu memakai peci warna putih,” pungkasnya.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada Sabtu (9/1) sore, sekitar pukul 14.40 WIB. Pesawat diduga jatuh di perairan Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu.

Pasawat yang bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta tersebut mengangkut sebanyak 56 penumpang, terdiri dari 46 dewasa, 7 anak-anak, dan 3 bayi, ditambah 12 kru. (fzy)

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini