Sriwijaya Air Jatuh, Panglima TNI Kerahkan Kapal Survei Hidros Terbaik se-Asia Tenggara

Fahmi Firdaus , Okezone · Sabtu 09 Januari 2021 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 09 337 2341708 sriwijaya-air-jatuh-panglima-tni-kerahkan-kapal-survei-hidros-terbaik-se-asia-tenggara-untuk-pencarian-upSDPlvLEG.jpg Panglima TNI Hadi Tjahjanto (Foto: Ist)

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memastikan TNI akan melakukan pencarian besar-besaran pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJY182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak (lost contact) dengan menara pengawas, Sabtu (9/1/2021).

(Baca juga: Ini Foto- Foto yang Diduga Serpihan Pesawat Sriwijaya Air di Kepulauan Seribu)

Termasuk mengerahkan Kapal Spica dan Rigel ke lokasi yang diduga jatuhnya pesawat Sriwijaya Air di Kepulauan Seribu. Kapal tersebut merupakan kapal survei hidros terbaik di Asia Tenggara.

(Baca juga: Sriwijaya Air Jatuh, Eks Ketum HMI Mulyadi Tamsir dan Istri Berada Dalam Pesawat)

“Satuan Angkatan Laut terdekat ada di Tanjung Pasir di Tangerang di pesisir utara Teluk Jakarta. Pesawat TNI AU ada di Lanud Halim Perdana Kusuma. Demikian juga potensi SAR lainnya dari TNI disiagakan untuk membantu,” ujar Hadi.

Dijelaskan Hadi, Lanud Halim Perdanakusuma mempunyai beberapa pesawat di beberapa skadron udara yang bisa digunakan untuk misi SAR.

Tidak hanya itu, TNI Angkatan Udara juga memiliki skadron helikopter di Lanud Atang Sanjaya, Bogor yang bisa digunakan untuk misi SAR.

Untuk pencarian di laut, TNI AL memiliki pangkala di Kolinlamil, Tanjung Priok dan Pos TNI AL Tanjung Pasir, di pesisir utara Tangerang. Sementara beberapa satuan TNI AD juga terdapat di sekitar Teluk Jakarta.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini