DPR: Generasi Milenial Menganggap Isu Perubahan Iklim Jadi yang Terpenting saat Ini

Khafid Mardiyansyah, Okezone · Jum'at 08 Januari 2021 23:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 337 2341372 dpr-generasi-milenial-menganggap-isu-perubahan-iklim-jadi-yang-terpenting-saat-ini-zvdm7uSTLl.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI, Putra Nababan menjelaskan bahwa generasi milenial merupakan garda terdepan dalam pelestarian dan pemeliharaan alam dan kebudayaan.

Menurut Putra, dari survei global Cambridge International tahun 2020, generasi muda Indonesia memiliki kepedulian tinggi terkait isu dan permasalahan lingkungan. Lebih dari 11.000 pelajar dunia berusia 13 sampai 19 tahun berpartisipasi dalam survei Global Perspectives ini.

"Anak muda Indonesia menilai, perubahan iklim dan isu lingkungan adalah isu yang terpenting saat ini," katanya.

Di dalam kepribadian tersebut, politisi muda PDI Perjuangan ini meyakini adanya jiwa kepedulian terhadap lingkungan dari generasi milenial.

"Inilah yang menjadi titik fokus dalam tema HUT PDIP tahun ini yakni membangun kepribadian budaya Indonesia para generasi muda dengan menumbuhkan benih peduli terhadap lingkungan dalam jiwa mereka. Saya melihat relevasinya nilai-nilai dalam Trisakti Bung Karno hingga hari," ujar Putra dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/1/2021).

Ditambahkan Putra, kebudayaan tidak melulu soal kesenian, karena kebudayaan bisa berarti sebuah perilaku masyarakat maupun hasil dari kehidupan bermasyarakat.

“Budaya peduli lingkungan seperti tidak membuang sampah, membersihkan sungai, menanam pohon untuk menjaga ekosistem kehidupan, budaya senyum, gotong royong, tepa selira. Itu semua adalah ciri yang menjadi lestari sebagai identitas masyarakat dan negara Indonesia," urai Putra.

Mantan wartawan senior itu mengungkapkan tema HUT PDI Perjuangan ke-48 ’’Indonesia Berkepribadian Dalam Kebudayaan’’ dengan fokus kegiatan peduli lingkungan sejalan dengan idealisme generasi muda Indonesia saat ini.

Putra Nababan

Putra menekankan, dalam rangkaian HUT PDI Perjuangan yang akan berlangsung hingga bulan Mei, para kader partai pemenang pemilu ini menggalakkan gerakan penghijauan dengan menanam pohon. Sebuah gerakan mencintai bumi dengan melakukan penghijauan secara serentak.

"Fokus kami saat ini melakukan penghijauan di sekitar daerah aliran sungai Ciliwung. PDI Perjuangan mengajak generasi muda untuk lebih peduli terhadap isu lingkungan," katanya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini