Tokoh Papua: Perbedaan Membuat Papua Bisa Lebih Bersatu

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Jum'at 08 Januari 2021 22:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 337 2341369 tokoh-papua-perbedaan-membuat-papua-bisa-lebih-bersatu-baXLHt265s.jpg Panglima TNI, Hadi Tjahjanto (Foto: Sindonews/Dul)

PAPUA – Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Papua mengajak seluruh masyarakat yang berada di Papua dan Papua Barat untuk bersama-sama menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dan mulai saat ini, untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan demi Papua yang aman dan damai.

Ketua FKUB Provinsi Papua, Pendeta Lipius Biniluk, mengatakan, dalam hidup ini apapun yang dilakukan orang berbeda-beda termasuk doktrin yang diterima pasti berbeda-beda.

”Tetapi dengan adanya perbedaan itu kita bisa membuat persatuan lebih kuat karena kita bisa saling menghargai setiap perbedaan yang terjadi diantara kita,” katanya.

Saat ini, kata dia, kerukunan umat beragama di Papua berjalan lancar karena masyarakat di sini bisa saling menghargai perbedaan agama yang ada. Bahkan, masyarakat Papua hidup dengan aman dan damai dalam perbedaan keyakinan yang ada.

Baca Juga: Marsekal Hadi Titip Anggota TNI-Polri ke Tokoh Papua

”Kami sudah sampaikan kepada seluruh masyarakat jangan sampai ada konflik di tanah Papua yang timbul karena agama,” ujarnya.

”Kita masih ada karena kerja keras dari tokoh lintas agama dan para tokoh gereja sehingga sebanyak 257 suku di Papua bisa berdamai, hidup bersama dan saling mengenal karena agama,” tambahnya. Pemuka agama ini berharap dalam bidang agama masyarakat harus tahu bagaimana agama yang sudah diakui negara yang mana semua bisa duduk bersama-sama sehingga dapat melaksanakan kegiatan keagamaan secara baik.

”Mari kita sama-sama menjaga kerukunan antara umat beragama, bagi semua pihak dan masing-masing pemegang agama agar menjaga toleransi dan kerukunan kita bersama,” tutupnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini