Share

Komnas HAM: 6 Laskar FPI Ditembak di 2 Lokasi Berbeda

Erfan Maaruf, iNews · Jum'at 08 Januari 2021 21:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 337 2341354 komnas-ham-enam-fpi-ditembak-di-dua-lokasi-berbeda-FwFkIxn1aj.jpg Rekonstruksi penembakan 6 laskar FPI oleh polisi. (Foto: Antara)

JAKARTA - Komnas HAM memastikan terdapat dua lokasi penembakan enam laskar FPI. Empat laskar FPI masih dalam keadaan hidup saat di KM 50 Jalan Tol Cikampek, sementara dua lainnya tewas di luar jalan tol.

"Bahwa enam orang yang meninggal dunia dalam dua konteks peristiwa yang berbeda," kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam di Jakarta Pusat, Jumat (8/1/2021).

BACA JUGA: Komnas HAM: Penembakan Tak Terjadi jika Laskar FPI 'Kabur' dan Tak Menunggu Polisi 

Anam menjelaskan, terjadi insiden sepanjang Jalan Internasional Karawang Barat sampai diduga mencapai KM 49 Tol Cikampek kemudian yang menewaskan dua orang laskar FPI.

Dia menyebut dua laskar tersebut merupakan peristiwa saling serempet antar mobil dan saling serang antara petugas dan laskar FPI bahkan dengan menggunakan senjata api.

"Sedangkan, terkait peristiwa KM 50 ke atas terhadap empat orang masih hidup dalam penguasaan petugas resmi negara yang kemudian juga ditemukan tewas. Maka peristiwa tersebut merupakan bentuk dari Peristiwa Pelanggaran HAM," jelasnya.

BACA JUGA: Polri Bentuk Tim Khusus Tindaklanjuti Temuan Komnas HAM soal Penembakan Laskar FPI

Dia mengatakan, dengan terbuktinya empat orang tewas di KM 50 tanpa perlawanan tersebut Komnas HAM menyebut hal itu memastikan hal itu merupakan pelanggan HAM.

"Penembakan sekaligus terhadap empat orang dalam satu waktu tanpa ada upaya lain yang dilakukan untuk menghindari semakin banyaknya jatuh korban jiwa mengindikasikan adanya unlawfull killing terhadap ke 4 anggota Laskar FPI," pungkasnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini