Share

Sah, Polisi Penembak Laskar FPI Langgar HAM, Komnas HAM: Harus Diproses Hukum

Sazili Mustofa, Koran SI · Jum'at 08 Januari 2021 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 337 2341242 sah-polisi-penembak-laskar-fpi-langgar-ham-komnas-ham-harus-diproses-hukum-A4iFhDx4pd.jpg Komisioner Komnas HAM Chairul Anam.(Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Berdasarkan hasil penyelidikan mendalam Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memutuskan, terdapat pelanggaran HAM atas tewasnya 4 Laskar Front Pembela Islam (FPI) oleh aparat kepolisian. Untuk itu, Komnas HAM merekomendasikan adanya proses hukum pidana terhadap para pelaku.

Komisioner Pemantauan/Penyelidikan Komnas HAM, Mohammad Choirul Anam mengatakan, pihaknya merekomendasikan beberapa hal.

Baca Juga: Komnas HAM Temukan Proyektil Peluru hingga Pecahan Ban di Sekitar TKP Tewasnya 6 Laskar FPI

Pertama, peristiwa tewasnya 4 anggota Laskar FPI masuk kategori pelanggaran HAM. Oleh karena itu, Komnas HAM merekomendasikan kasus ini harus dilanjutkan dengan proses hukum dengan hukum pidana untuk mendapatkan kebenaran materiil lebih lengkap demi keadilan.

"Proses hukum tidak boleh dilakukan di internal, harus peradilan umum. harus dilakukan pendalam penegakan hukum terhadap orang-orang yang ada di dalam mobil Avanza hitam B 1759 PWI dan Avanza silver B1278 KGB," terangnya. (saz)

(amr)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini