Kapan Masjid Istiqlal Dibuka Kembali?

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 08 Januari 2021 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 337 2341111 kapan-masjid-istiqlal-dibuka-kembali-9vBadBIVUa.jpg Bagian dalam Masjid Istiqlal usai direnovasi (Foto : Setkab)

JAKARTA - Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar meminta masyarakat yang ingin melaksanakan peribadatan di masjid tersebut untuk bersabar karena belum bisa dibuka untuk umum. Menurutnya, Masjid Istiqlal pun tentunya telah merindukan para jamaahnya.

Nasaruddin menyebut, belum dibukanya Masjid yang terletak bersebrangan dengan Gereja Katedral ini karena pihak pengelola taat dengan penerapan protokol kesehatan.

"Kepada khakayak mayarakat, bahwa Masjid Istiqlal ini tentu akan sangat merindukan jamaahnya. Tetapi kita juga mohon pengertian para jamaah bahwa Masjid Istiqlal juga juga harus tunduk pada sistem protokol," ucapnya di lokasi, Jumat (8/1/2021).

Masjid Istiqlal (Foto : Setkab)

Dia menyebut, untuk waktu jelas pembukaan Masjid Istiqlal masih akan terus berkoordinasi dengan pihak Satgas Covid-19. Selain itu, pihaknya juga akan memantau situasi pandemi saat ini untuk menentukan pilihan waktu dibukanya masjid.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan Pak Doni Monardo dari Satgas Covid, itu kami selalu ya berkomunikasi nanti. InsyaAllah kalo itu segalanya sudah memungkinkan apalagi, angka Covid di DKI sudah memungkinkan maka perlahan-lahan pun nanti kami akan buka tapi tidak sekaligus," ungkapnya.

Sebelumnya, renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat yang menghabiskan waktu 14 bulan akhirnya rampung. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun meresmikan wajah baru Masjid Istiqlal.

Masjid Istiqlal (Foto : Setkab)

Baca Juga : Blusukan Dituding Setingan, Mensos: Saya Enggak Hafal Jalan Jakarta

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan ini merupakan renovasi pertama Masjid Istiqlal sejak diresmikan 42 tahun lalu. Dia menegaskan renovasi memakan biaya Rp511 miliar dan mengerahkan 1.000 pekerja.

“Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim saya resmikan renovasi Masjid Istiqlal hari ini. Renovasi ini merupakan renovasi pertama sejak 42 tahun yang lalu dan menelan biaya sebesar Rp511 miliar dari APBN,” kata Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis 7 Januari 2021.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini