Kerusuhan di Gedung Capitol, AHY: Kekerasan Akan Merusak Demokrasi Kita

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 08 Januari 2021 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 337 2341063 kerusuhan-di-gedung-capitol-ahy-kekerasan-akan-merusak-demokrasi-kita-4o86FISqHN.jpg Ketua umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (foto: twitter AHY)

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) angkat bicara terkait pendukung Presiden Donald Trump yang menyerbu Gedung Capitol, Washington, DC, Amerika Serikat (AS), untuk menghentikan Kongres mengesahkan kemenangan Joe Biden.

Menurut AHY, demo dan kekerasan di Capitol Hill adalah pengingat tentang pentingnya menjaga demokrasi yang sehat, adil dan damai.

"Demo & kekerasan di Capitol Hill AS adl pengingat ttg pentingnya menjaga demokrasi yg sehat, adil & damai," tulis AHY di akun twitter miliknya @AgusYudhoyono, Jumat (8/1/2021).

Baca juga: Kerusuhan Gedung Capitol Mirip Mei 1998 di Indonesia

"Bahkan di negara yg dianggap champion dr demokrasi, nilai2 ttg kedewasaan berpolitik ttp penting utk trs diingatkan & dipelihara. Kekerasan hanya akan merusak demokrasi kita," pungkasnya.

Baca juga:  Foto-Foto Mengerikan Saat Pendukung Trump Serbu Gedung Capitol

Diketahui sebelumnya, empat orang tewas dan 52 ditangkap setelah pendukung Presiden Donald Trump menyerbu Gedung Capitol, Washington, DC, Amerika Serikat (AS) untuk menghentikan Kongres mengesahkan kemenangan Joe Biden.

Dalam konferensi pers, Kepala Departemen Kepolisian Metropolitan Robert J. Contee mengatakan, 47 dari 52 penangkapan hingga saat ini terkait dengan pelanggaran jam malam yang diberlakukan Wali Kota Muriel Bowser mulai pukul 6 sore.

Sebanyak 26 di antara penangkapan itu melibatkan orang-orang yang ditangkap di wilayah Capitol. Sementara beberapa orang lainnya ditangkap dengan tuduhan terkait membawa senjata api tanpa izin atau terlarang.

Contee mengatakan, pihak keamanan menemukan dua bom pipa dari markas besar komite nasional Republik dan Demokrat, serta pendingin dari kendaraan di halaman Capitol AS yang berisi bom molotov.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini