Ini Alasan Abu Bakar Ba'asyir Keluar Lapas Gunung Sindur Pagi Hari

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Jum'at 08 Januari 2021 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 337 2340945 ini-alasan-abu-bakar-ba-asyir-keluar-lapas-gunung-sindur-pagi-hari-CnYBuRdcyD.jpg Mantan narapidana kasus terorisme, Abu Bakar Baasyir saat bebas (foto: istimewa)

BOGOR - Proses penjemputan Abu Bakar Baasyir dari Lapas Gunung Sindur oleh pihak keluarga sengaja dilakukan pagi hari. Hal tersebut guna mencegah terjadi kerumunan di tengah pandemi covid-19.

"Kami sampaikan dulu pertimbangan dengan pandemi covid kita menghindari kerumunan, dan permintaan dari pihak keluarga melalui tim pengacara untuk dilakukan lebih pagi untuk menghindari terjadinya kerumunan," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Rika Aprianti kepada wartawan, Jumat (8/1/2021).

Baca juga:  Abu Bakar Ba'asyir Bebas dari Penjara, Keluarga: Semoga Beliau Diberi Kesehatan 

Hal itu juga berkenaan dengan usia Abu Bakar Baasyir yang sudah sepuh sehingga sangat rawan terpapar covid-19. Namun, selama proses penjemputan hingga keluar Lapas tidak terlihat adanya kerumunan.

"Bapak Baasyir ini kan umurnya udah lansia, 82 tahun dan resiko terpapar covid sangat besar. Alhamdulillah tidak ada (kerumunan) karena memang jauh hari sudah diimbau baik dari Ditjenpas, Lapas, Kanwil Kementerian Kumham, dan pihak tim pengacara dan keluarga agar simpatisan untuk tidak menjemput yang akan mengakibatkan kerumunan, menyebabkan risiko tinggi penyebaran covid-19," ungkapnya.

Baca juga:  Moment Abu Bakar Ba'asyir Sebelum Meninggalkan Lapas Gunung Sindur 

Terkait pengamanan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan aparat maupun instansi lainnya terkait bebasnya Abu Bakar Baasyir. Tetapi, pengamanan yang dimaksud lebih kepada menjaga protokol kesehatan dan menghindari kerumunan.

"Jauh-jauh hari sudah koordinasi dengan Densus, BNPT dan pihak kepolisian setempat. Polres Bogor, Polsek Gunung Sindur, kemarin juga ada dari Korem, BAIS, Koramil, BIN, semuanya sudah dikoordinasikan jauh hari. Hal ini sebenarnya bukan pengamanan berlebihan, tapi kita mengantisipasi risiko terjadinya ada gangguan termasuk kerumunan," tutup Rika.

Seperti diketahui, mantan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir bebas murni seusai menjalani 15 tahun penjara. Ba'asyir pun keluar dari Lapas Gunung Sindur sekira pukul 05.30 WIB dalam kondisi sehat.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini