Renovasi Istiqlal, Presiden Jokowi: Bukan untuk Gagah-gagahan!

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 07 Januari 2021 21:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 337 2340763 renovasi-istiqlal-presiden-jokowi-bukan-untuk-gagah-gagahan-3CV2SxctiW.png Presiden Joko Widodo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa renovasi Masjid Istiqlal yang menelan anggaran Rp511 miliar itu bukan untuk gagah-gagahan. Dia berharap, renovasi Masjid Istiqlal bisa menjadi kemegahan dan kebanggan umat Islam Indonesia.

"Renovasi Masjid Istiqlal agar menjadi semakin megah, bukan untuk gagah-gagahan, bukan hanya menjadi kebanggaan umat Islam, tapi juga menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia, kebanggaan bangsa kita Indonesia," ujar Jokowi saat meresmikan renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (7/1/2021).

Baca Juga: Jokowi Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal Sejak 42 Tahun Lalu

Kepala Negara mengingatkan agar renovasi Masjid Istiqlal juga sebagai bentuk syukur atas perjuangan para pemimpin umat Islam yang berjuang dalam kemerdekaan bangsa Indonesia. Para pemimpin umat Islam pada tahun 1953 silam juga membangun masjid sebagai simbol kemerdekan.

"Semangat ini jelas terekam pada tahun 1953, ketika para pemimpin umat Islam berkumpul dan mencetuskan ide mendirikan sebuah masjid sebagai simbol kemerdekaan Republik Indonesia dan telah disepakati namanya Istiqlal sebagai masjid yang dalam bahasa arab memiliki arti kemerdekaan," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta menambahkan, renovasi Masjid Istiqlal tidak hanya megah secara fisik, namun sebagai sarana meningkatkan iman dan taqwa dan sebagai pelopor dakwah moderasi muslim dunia.

"Saya berharap Masjid Istiqlal bukan hanya megah secara fisik, tapi jauh dari itu, sebagai sarana untuk meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT tempat pemberdayaan umat dan sebagai pelopor dakwah bil hal moderasi muslim dunia," ucap Jokowi.

Ia menyampaikan, renovasi Masjid Istiqlal diharapkan bisa menjadi contoh bagi negara lain dalam mengembangkan syiar Islam dan membangun perdamaian.

"Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Masjid Istiqlal harus menjadi contoh dari masjid-masjid negara lain di dunia dalam mengembangkan syiar Islam yang menyejukkan, yang membangun toleransi dan membangun perdamaian," kata dia.

Baca Juga: Resmikan Renovasi Masjid Istiqlal, Jokowi: Semakin Megah dan Lantainya Berkilau

Jokowi mengajak semua pihak untuk menjaga masjid yang menjadi ikon negara Indonesia dengan baik agar tetap indah, bersih, dan nyaman agar semakin banyak warga yang beribadah. "Sehingga masjid istiqlal, semakin ramai makin makmur dan didatangi umat banyak-banyaknya," ucap Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengajak umat muslim untuk tetap disiplin protokol kesehatan saat beribadah di tengah pandemi Covid-19. "Mengingat penyebaran pandemi covid 19 masih terjadi di tengah kita, saya mengajak umat Islam yang menggunakan masjid istiqlal, baik untuk beribadah dan kegiatan lain untuk tetap mematuhi dengan disiplin protokol kesehatan dengan ketat," tandasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini