Finalisasi Investigasi, Komnas HAM Periksa 8.000 Video Penembakan 6 Laskar FPI

Riezky Maulana, iNews · Kamis 07 Januari 2021 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 337 2340637 finalisasi-investigasi-komnas-ham-periksa-8-000-video-penembakan-6-laskar-fpi-DHPkmbBSmU.jpg Komisioner Komnas HAM Choirul Anam (Foto: Okezone/Arie Dwi Satrio)

JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) saat ini sudah dalam tahapan finalisasi investigasi yang dilakukan oleh terhadap tewasnya 6 Laskar Front Pembela Islam (FPI). Ribuan video berhasil diperoleh Komnas HAM untuk menyusun laporan.

"Tim Penyelidikan Komnas HAM, saat ini sedang dalam tahap finalisasi laporan peristiwa kematian enam Laskar Khusus FPI. Salah satu bagian dari finalisasi laporan tersebut adalah memastikan kembali sejumlah video dan foto screen capture yang telah diperoleh dari beberapa pihak dan saat proses permintaan keterangan saksi," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam ketetangsnnya, Kamis (7/1/2021).

Baca Juga: Ini Kata Polisi soal Saksi dan Ahli Kubu Habib Rizieq di Praperadilan

Lebih jauh Anam menuturkan, pihaknya telah memeriksa lebih dari 8.000 video terkaiit dengan peristiwa baku tembak di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 itu. Saat ini video-video itu tengah didalami oleh tim Komnas HAM.

"8000 lebih video dan ribuan screen capture mewakili beberapa titik, seluruhnya sedang diamati kembali dan pendalaman oleh para Penyelidik Komnas HAM," ujarnya.

Anam berharap tahapan tersebut dapat berjalan lancar dan peristiwa tewasnya enam laskar FPI segera dapat terlihat secara terang benderang.

Di hubungi terpisah, Komisioner Komnas HAM, Brka Ulung Hapsara menyebut tahapan penyusunan laporan telah berada di angka 80 persen. Akan tetapi, untuk waktu jelas dari pengumumsn ke publik belum ditentukan.

"Belum ada rencana itu (pemgumuman). Masih didiskusikan antar komisioner terkait jadwal rilis laporan lengkapnya ke publik. Prosesnya sudah sekitar 80 persen," ungkap Beka.

Baca Juga: Pekan Ini, Komnas HAM Publikasi Tangkapan Layar dari Video Tewasnya 6 Laskar FPI

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini