Soal Blusukan Mensos, Demokrat Sarankan Risma Fokus Kembalikan Trust Publik

Kiswondari, Sindonews · Kamis 07 Januari 2021 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 337 2340307 soal-blusukan-mensos-demokrat-sarankan-risma-fokus-kembalikan-trust-publik-weA4tdFwyH.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Gaya blusukan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di DKI Jakarta kian menjadi sorotan publik. Muncul pro dan kontra dari berbagai kalangan mengenai gaya kepemimpinan mantan Wali Kota Surabaya itu.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Irwan enggan menanggapi soal blusukan Risma, tetapi ia menyarankan agar Mensos Risma lebih fokus bekerja maksimal dalam pembenahan sistem penyaluran bantuan sosial (bansos) di mana, Mensos sebelumnya tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus pengadaan dan 'sunat' bansos.

Risma juga perlu mengembalikan trust atau kepercayaan publik terhadap penyaluran bansos ini

"Terpenting pastikan bantuan sosial Covid-19 bisa sampai ke pintu-pintu rumah rakyat dengan baik dan benar tanpa disunat untuk kepentingan lain," kata Irwan saat dihubungi wartawan, Kamis (7/1/2021).

Namun, Irwan melihat Kementerian Sosial (Kemensos) belum melakukan langkah konkret sampai saat ini untuk menghilangkan kekhawatiran publik akan penyelewengan dana bansos di kemudian hari.

"Potensi kerugian negara akibat penyelewangan bansos ini kan sangat besar, KPK memperkirakan ada potensi kerugian negara senilai Rp 228 miliar itu artinya jika dibagi dengan nilai per paket Rp 300.000 maka setara dengan bantuan sosial untuk 760.000 warga penerima bantuan," beber anggota DPR Fraksi Partai Demokrat itu.

Oleh karena itu, legislator asal Kalimantan Timur (Kaltim) ini menyarankan agar Risma memiliki sistem baku guna mengatasi penyelewengan dana bansos.

"Validitas data secara priodik dan pengawasan Bansos sampai ke Penerima itu lebih konkret mencegah praktek penyelewengan bansos sekaligus mengatasi dampak pandemi Covid-19 sesuai keinginan presiden Jokowi," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini