Relawan Lapor Covid-19: Ruang ICU RS di Pulau Jawa Full 100%

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 06 Januari 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 337 2339826 relawan-lapor-covid-19-ruang-icu-rs-di-pulau-jawa-full-100-bKrwv79Awh.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Relawan Lapor Covid-19 Tri Maharani mengungkapkan bahwa tingkat keterisian bed occupancy rate (BOR) ruang Intensive Care Unit (ICU) di seluruh rumah sakit yang ada di Pulau Jawa sudah terisi full 100%.

Menurut dia, ruang ICU rumah sakit yang penuh tidak hanya berlangsung di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Ya sudah full 100 persen keterisian ICU bukan hanya di Jakarta tapi di Jawa. Tadi barusan saya ditelpon teman di rumah sakit dr Soetomo itu juga sudah 100 persen full," kata Tri saat dihubungi Okezone, Rabu (6/1/2021).

Tri mengungkapkan, pihaknya juga  menerima laporan bahwa ada pasien yang sampai meninggal dunia di UGD dan taksi online saat mencari ruang ICU untuk pasien Covid-19.

"Saya masih mencari, itu siapa tukang taksinya itu. Karena nanti dari Lapor Covid akan memberikan penghargaan kepada beliau. Karena beliau keliling mencarikan rumah sakit untuk pasein sampai meninggal di taksinya," ujarnya.

"Kejadiannya di Jakarta atau di Bogor. Masih kami lacak itu Gojek atau Grab. Kami akan berikan penghargaan atas dedikasinya. Menurut kami dia juga mempertaruhkan nyawanya," tambah Tri.

Dokter spesialis emergency itu menambahkan, pihaknya memperkirakan tingkat keterisian pasien ICU Covid-19 sebesar 150%. Ia menilai, saat ini banyak pasien yang memerlukan ruang ICU namun masih berada di ruangan UGD.

Baca Juga : Gantikan Bima Arya, Wakil Wali Kota Bogor Jadi Penerima Vaksin Pertama

Tri mencontohkan, adanya laporan yang menyebut sebanyak 24 pasien Covid-19 yang harusnya mendapatkan perawatan ICU hanya diletakkan ke UGD.

"Itu mau dibawa kemana? Sekrang begini mereka buat RS Lapangan. Aku tanya Nakesnya siapa. RS Lapangan itu bukan mudah karena ada syaratnya. Dan kalau tidak dipenuhi justru menjadi sos infection," tandasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini