Ini Profil Komjen Boy Rafli Amar yang Disebut-Sebut Calon Kapolri

MNC Portal, · Rabu 06 Januari 2021 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 337 2339764 ini-profil-komjen-boy-rafli-amar-yang-disebut-sebut-calon-kapolri-6oPAUAQLrq.jpg Komjen Pol. Boy Rafli Amar (foto: Okezone)

JAKARTA - Bursa pergantian Kapolri dari Jenderal Idham Azis terus menghangat setelah pergantian tahun ini. Sejumlah nama pun terus digadang-gadang akan menempati kursi tersebut.

Salah satu sosok yang disebut-sebut menjadi calon adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar.

Nama Boy, muncul setelah resmi diangkat menjadi Kepala BNPT lantaran mendapatkan Job jenderal bintang tiga. Dalam persaingan kursi Tri Brata 1 atau TB1 memang calonnya dari kalangan Komjen.

BACA JUGA: Polri Benarkan Jenderal Idham Azis Ajukan Surat Permohonan Pengganti Kapolri ke Jokowi

Pria kelahiran 25 Maret 1965 itu, merupakan alumni Akademi Kepolisian (Akpol) dengan kelulusan pada tahun 1988. Disinilah awal mula Ia menggeluti kerja sebagai aparat penegak hukum.

Selama awal karirnya, Boy sudah melalang buana ke beberapa unit di Polda, Polres, dan Polsek. Pada tahun 2007, Boy sudah bergelut di bidang terorisme, ketika itu dia pernah menjabat sebagai Kanit Negosiasi Subden Penindak Densus 88 Antiteror.

Baca Juga: Kapolri Terbitkan Maklumat Larang Kegiatan dan Atribut FPI

Setahun berlalu, Ia dipercaya menjadi Direskrimum Polda Maluku Utara pada tahun 2008. Setelah itu, di tahun yang sama, Boy juga dipromosi menjadi Kapolrestabes Padang.

Memasuki tahun 2009, karier Boy Rafli mengalami pergeseran, dari bidang serse menjadi kehumasan. Mengingat, segala jenis jabatan di kehumasan Polri pernah diemban oleh Boy Rafli.

Tak dipungkiri juga, nama dan sosok Boy dapat dikenal publik lantaran dia dikenal sebagai congor Polri yang sering muncul apabila ada kasus atau kejadian besar.

BACA JUGA: Jelang Pensiun 20 Hari Lagi, Ini 2 "Utang" Besar Kapolri Idham Azis

Pada 2009, Boy menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya. Lalu 2010, Ia menjadi Kabag Penum Divisi Humas Polri. Dua tahun berlalu, Boy akhirnya pecah bintang pertama setelah diangkat sebagai Karo Penmas Divisi Humas Polri.

Setelah berkelut di kehumasan, Boy akhirnya menjadi Kapolda Banten pada tahun 2014. Dua tahun menjabat, Boy kembali dipercayakan menjabat di bidang humas. Ia diangkat menjadi Kadiv Humas Polri, sekaligus turunnya bintang dua di pundaknya.

Hanya setahun jadi Kadiv Humas, Boy dipercayakan untuk memegang Kapolda Provinsi Papua. Selanjutnya, di tahun 2018, Ia menjadi Wakalemdiklat Polri.

Presiden Jokowi sendiri sampai saat ini belum mengirimkan nama sosok calon Kapolri ke DPR. Pasalnya, hal itu akan dilakukan setelah berakhirnya massa reses pada 10 Januari mendatang.

Terbaru, Kapolri Jendral Polisi Idham Azis telah mengajukan surat permohonan pengganti dirinya sebagai Kapolri, kepada Presiden Joko Widodo. Penyerahan dilakukan kemarin, Senin 4 Januari 2021.

"Benar, Kapolri Jenderal Idham Azis menyatakan bahwa dirinya telah mengajukan surat permohonan penunjukan penggantinya kepada Presiden Joko Widodo," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Argo Yuwono saat dihubungi, Rabu (6/1/2021). (dka)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini