Penanganan Covid-19, Ini 5 Rekomendasi PP Muhammadiyah ke Kemenkes

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 05 Januari 2021 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 337 2339472 penanganan-covid-19-ini-5-rekomendasi-pp-muhammadiyah-ke-kemenkes-OhSbjVzIYh.jpg Menkes Budi Gunadi Sadikin sown ke PP Muhammadiyah (Foto : PP Muhammadiyah)

JAKARTA - Ketua Umum PP Muhamamdiyah, Haedar Nashir, mengatakan, dalam menangani covid-19 dibutuhkan fungsi manajerial dengan kebijakan dan langkah progresif.

“Terkait pandemi ini Muhammadiyah telah bergerak all out melalui MCCC, baik dalam gerak keagaamaan maupun kesehatan,” tutur Haedar saat menerima kunjungan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Selasa (5/1/2021).

Muhammadiyah, lanjut Haedar, dalam mengambil keputusan selalu berpijak pada temuan ilmiah dari pakar epidemologi dan kesehatan, selain dari aspek keagamaan dan sosial kemasyarakatan.

Selain itu, lanjut Haedar, Kemenkes harus memastikan kebijakan yang benar-benar optimal dalam menangani Covid-19. Termasuk dalam memperhatikan dan melindungi tenaga kesehatan serta kondisi lapangan di seluruh rumah sakit di Indonesia.

“Di situasi saat ini kami ingin bekerjasama dengan Kemenkes dan memastikan bahwa usaha di bidang kesehatan dalam menghadapi pandemi ini dibutuhkan Kerjasama dan kita dapat mengatasi persoalan ini dengan sebaik baiknya,” jelas Haedar.

Berikut 5 rekomendasi yang disampaikan dalam pertemuan tersebut:

1. Muhammadiyah mendukung Badan POM harus tetap independen dan transparan dalam penentuan keamanan dan tes netralisasi vaksin.

2. Muhammadiyah mendukung independensi MUI menjalankan perannya dalam penentuan kehalalan vaksin, dan siap menjadi bagian dari proses tersebut.

Baca Juga : Menkes Sowan ke PP Muhammadiyah Bahas Penanganan Covid-19

3. Penanganan pandemi tidak semata-mata diselesaikan dengan vaksin, oleh sebab itu pemerintah penting untuk menerapkan strategi komunikasi, edukasi dan kampanye yang tepat terkait fungsi vaksin. Pemerintah harus memastikan proses monitoring dan evaluasi pasca vaksinasi.

4. Muhammadiyah dengan infrastruktur kesehatan yang dimiliki ikut bersama-sama mensukseskan program vaksinasi untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

5. Walaupun telah dilakukan vaksinasi diharapkan kepada masyarakat untuk tetap ketat dalam penegakan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan) dan 3T (Testing, Tracing, Treatment).

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini