Amankan Tahapan Pilkada, Polri Kawal Ketat Hakim MK dan Keluarganya

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 05 Januari 2021 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 337 2339293 amankan-tahapan-pilkada-polri-kawal-ketat-hakim-mk-dan-keluarganya-KNoTgV05EP.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

JAKARTA - Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 saat ini akan memasuki proses persidangan sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). Calon-calon yang merasa tidak puas dengan hasil pesta demokrasi akan menempuh jalur hukum melalui lembaga konstitusi tersebut.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengungkapkan, demi menjaga tahapan tersebut berjalan aman dan damai, polisi akan melalukan pengawalan ketat terhadap Hakim MK, keluarganya dan rumahnya.

"Objek lain terkait MK kami amankan, termasuk Hakim MK, kediaman Hakim beserta keluarga. Itu prioritas pengamanan Polri," kata Rusdi dalam jumpa pers di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/1/2021).

Mahkamah Konstitusi sendiri telah menutup pendaftaran gugatan bagi pasangan-pasangan yang mengajukan gugatan. Saat ini, sedang massa perbaikan gugatan Pilbup/Pilwalkot hingga 4 Januari. Sedangkan masa perbaikan gugatan Pilgub sampai 5 Januari.

"Kemudian, dengan kegiatan pengamanan, Pilkada yang sekarang masih berjalan tahapan tetap diamankan oleh Polri. Sekarang proses penyempurnaan berkas sidang di MK tentunya ketika sidang Polri siap amankan tidak hanya Gedung MK," ujar Rusdi.

Menurut Rusdi, pengawalan dan pengamanan ketat terhadap Hakim MK itu bertujuan agar para wakil tuhan itu dapat memutuskan keputusan dengan seadil-adilnya tanpa berat sebelah.

"Dengan begitu hakim yang sidang sengketa dapat melaksanakan tugas baik dan memutuskan sengketa Pilkada dengan seadil-adilnya karena situasi bisa dikendalikan bersama Polri dan instansi terkait lainnya," ucap Rusdi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini