Share

Ini Rangkaian Acara Penyambutan Abu Bakar Ba'asyir di Ponpes Ngruki

Bramantyo, Okezone · Selasa 05 Januari 2021 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 337 2339208 ini-rangkaian-acara-penyambutan-abu-bakar-ba-asyir-di-ponpes-ngruki-UPfP5BCSfd.jpg foto: Okezone

SUKOHARJO - Jelang kebebasan terpidana kasus terorisme Ustadz Abu Bakar Ba'asyir, tak ada aktivitas menonjol di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pantauan Okezone, di pintu gerbang pihak Ponpes Al-Mukmin Ngruki memasang spanduk bertuliskan tidak mengadakan acara seremonial kedatangan Ustadz Abu.

(Baca juga: Satgas Covid-19 Sebut Perawat Penyebar Foto Syekh Ali Jaber Kritis Terancam Pidana)

Begitu pula di kediaman pribadi Ustadz Abu Bakar Ba'asyir, tak tampak kesibukan apapun menyambut kepulangan sesepuh sekaligus pendiri Ponpes Al-Mukmin. Di garasi rumahnya, hanya terlihat sejumlah kendaraan terparkir.

(Baca juga: Mensos Risma Temui Pemulung di Jalan Sudirman, Netizen Beri Sindiran Nyelekit)

Sekretaris Ponpes Al-Mukmin, Muhammad Darwis, mengatakan, pihaknya tidak membuat panitia dalam menyambut kepulangan Ustadz Abu Bakar Ba'asyir. Pihak Ponpes hanya membentuk tim kecil saja untuk menyiapkan segala sesuatu terkait kedatangan Ustadz Abu.

"Tidak ada acara penyambutan, saya tidak ditugaskan untuk membentuk panitia penyambutan. Cuma tim kecil. Itupun untuk menyiapkan segala sesuatunya terkait kedatangan Ustadz Abu pada hari Jumat saja,"ujar Darwis di lokasi, Selasa (5/1/2021).

Menurut Darwis, begitu tiba di Ponpes setelah perjalanan dari Jakarta via darat, Ustadz Abu Bakar Ba'asyir langsung beristirahat di kediamannya.

Rangkaian kegiatan baru dilakukan pada hari Sabtu (9/1/2021). Itupun hanya bersifat internal di lingkungan Ponpes dan beberapa tokoh masyarakat tertentu saja yang sudah diberi id card khusus.

"Begitu Ustadz Abu tiba di Ponpes, tidak ada acara sama sekali. Ustadz Abu yang diantar oleh Tim TPM, langsung beristirahat. Baru pagi harinya ada sedikit silahturahmi dengan para ustad dan para santri yang ada di pesantren dan beberapa tokoh masyarakat saja yang boleh diijinkan masuk ke pesantren,"terangnya.

Sedangkan jam berapa Ustadz Abu Bakar Ba'asyir keluar dari Lapas, menurut Darwis, dari informasi, Ustadz Abu keluar dari Lapas sekira pukul 9.00 WIB. Dari pihak keluarga, kemungkinan dua orang putra Ustadz Abu Bakar Ba'asyir yaitu Ustadz Rosyid dan Ustadz Abdurrochim yang akan menjemput Ustadz Abu Bakar Ba'asyir. Sedangkan istri beliau, tidak ikut dan hanya menunggu di rumah.

"Tapi kalau Ustadz Abdurrochim diperlukan di Ponpes untuk memberikan keterangan pada media, kemungkinan bisa juga tidak berangkat Hanya kakaknya, Ustadz Rosyid didampingi tim TPM yang berangkat menjemput Ustadz Abu Bakar Ba'asyir,"pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini