Abu Bakar Ba'asyir Bebas, DPR: Semoga Sadar dan Kembali Jalan yang Benar

Erfan Maaruf, iNews · Selasa 05 Januari 2021 06:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 337 2338903 abu-bakar-ba-asyir-bebas-dpr-semoga-sadar-dan-kembali-jalan-yang-benar-T3i3kYF3Ck.jpg Abu Bakar Baasyir saat menjalani persidangan (foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni menyebut Abu Bakar Ba'asyir dapat menjalani kehidupan masyarakat seperti biasa, setelah bebas dari kurungan Lapas Gunung Sindur pada Jumat 8 Januari 2021 mendatang.

"Sesuai aturan hukum yang sudah dijalanin, dan sudah dipenuhi maka akan menghirup udara segar. Semoga yang bersangkutan sudah sadar dan kembali ke jalan yang benar," kata Sahroni saat dihubungi iNews.id melalui pesan singkat, Selasa (5/1/2020).

Baca juga: Jelang Hirup Udara Segar, Kesehatan Abu Bakar Baasyir Sempat Drop 

Dia menilai, meski telah bebas murni dan dapat menjalankan aktivitas, Abu Bakar Ba'asyir masih perlu dilakukan pengawasan. Meski begitu pengawasan harus dari jauh.

"Tidak perlu ketat, tapi tetep di awasi dengan seksama. Di awasi saja dari jauh," jelasnya.

Baca juga: Abu Bakar Ba'asyir Bebas, BNPT: Dia Punya Hak yang Sama dengan WNI Lainnya 

Dia juga menyebut, pengamanan juga tidak perlu dilakukan secara berlebihan bagi orang yang bertemu dengan Abu Bakar Ba'asyir. Hal agar Abu Bakar Ba'asyir dapat menjalani kehidupan seperti biasa.

"Biarkan yang bersangkutan kembali ke masyarakat dengan baik," pungkasnya.

Seperti diketahui, terpidana Abu Bakar Ba'asyir dipastikan akan bebas murni seusai menjalani kurungan penjara. Ba'asyir akan bebas dari Lapas Gunung Sindur pada pekan ini, tepatnya Jumat 8 Januari 2021.

“Bebas secara murni, jadi tidak ada persyaratan khusus,” ujar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Jawa Barat, Imam Suyudi.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini