Share

Bagaimana Prosedur Penyuntikan Vaksin Covid-19 ke Jokowi? Moeldoko: Datang, Jebret, Selesai

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 04 Januari 2021 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 337 2338744 bagaimana-vaksinasi-covid-19-ke-jokowi-moeldoko-datang-jebret-selesai-0tkU0k5BXQ.jpg Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku siap menjalani vaksinasi Covid-19 paling depan. Namun, harus berdasarkan ketentuan tim kesehatan Kepresidenan.  Lantas, bagaimana mekanisme atau prosedur penyuntikkan vaksin Covid-19 kepada Presiden Jokowi?

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan, tidak ada perbedaan mekanisme pemberian vaksinasi Covid-19 kepada Presiden Jokowi maupun ke masyarakat. Peserta vaksinasi, kata Moeldoko, tinggal datang ke lokasi lalu kemudian disuntik dan selesai.

"Kalau vaksinasi kepada Presiden sama, tidak ada bedanya dengan yang lain, karena prosedurnya sama, mungkin petugas dateng, tinggal buka, jebret (disuntik), selesai, nggak terlau sulit," ucap Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1/2021).

Baca Juga: Satgas Covid-19 Bubarkan Kerumunan Warga yang Ingin Saksikan Ceramah UAS di Luar Masjid

Moeldoko menuturkan, berdasarkan keterangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), vaksinasi Covid-19 akan dimulai sekitar pertengahan Januari 2021. Jokowi, kata dia, sudah memerintahkan seluruh pihak yang terlibat untuk memastikan kelancaran vaksinasi ini.

"Presiden sudah memerintahkan semua stakeholder berkaitan dengan vaksin, supaya betul dimanage dari awal dengan baik, siapa, bagaimana mengaturnya, waktunya berapa lama, cara distribusinya gimana, dan seterusnya, yang menjadi prioritas siapa, diberikan petunjuk sama presiden kira-kira dua bulan yang lalu," tuturnya.

Baca Juga: Marak Hoaks Vaksin Covid-19, Ganjar Sebut Para Kiai Malah Minta Prioritas

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi mengaku siap menjalani vaksinasi Covid-19 paling depan, jika diminta oleh tim kesehatan Kepresidenan. Saat ini, pemerintah masih terus mengupayakan hadirnya vaksin virus corona di Tanah Air.

"Kalau ada yang bertanya Presiden nanti di depan atau di belakang? Kalau oleh tim diminta saya yang paling depan ya saya siap," ujar Jokowi saat meninjau simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat, Rabu 18 November 2020.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini