Share

Mentan Sebut Harga "Janda Bolong" Per Lembar Daun Sampai Rp10 Juta

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Senin 04 Januari 2021 07:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 337 2338270 mentan-sebut-harga-janda-bolong-per-lembar-daun-sampai-rp10-juta-CIDmeg1O4y.jpg Mentan Syahrul Yasin Limpo (Foto : Okezone.com/Putra RA)

BOGOR - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengunjungi Pasar Tanaman Hias Jungle Fest Minaqu Home Nature di kawasan Bogor Nirwana Residence (BNR), Kota Bogor, Minggu 3 Januari 2021.

Kunjungannya itu dilakukannya karena melihat animo masyarakat mengoleksi tanaman hias sangat tinggi. Syahrul pun takjub ketika melihat langsung berbagai tanaman hias yang memiliki kualitas dan menarik.

Bahkan, ia sempat terkejut saat mendengar harga tanaman hias jenis Monster Adansoni Variegata atau lebih dikenal dengan nama janda bolong yang harganya mencapai puluhan hingga ratusan juta.

"Kita sepakat Indonesia memiliki pertanian yang luar biasa. Bukan hanya untuk memenuhi pasar nasional tapi mancanegara sangat terbuka buat sama-sama kita dorong," kata Syahrul, dalam keterangannya.

Ia menambahkan bahwa ini adalah kondisi baru pertanian tanaman hias yang sangat menjanjikan dan memiliki banyak peluang yang juga sudah banyak dijalankan oleh para petani di Indonesia.

"Permintaan tanaman hias Indonesia itu sangat diminati oleh kota-kota berkembang yang ada di dunia terutama di Eropa, Menteri pertanian akan mensuport dan terus mendukung ini," ungkapnya.

Syahrul juga mengapresiasi tanaman hias yang bisa menciptakan pasar tanaman hias yang unik dan memiliki nilau jual sangat tinggi. Karena, sangat diminati oleh para kolektor tanaman hias.

"Ini lagi trend di dunia, lagi dicari tanaman hias tropis dan sekarang sangat diminati dan bagi pak Ade ini bukan hal yang susah, mereka kembangkan dalam waktu beberapa bulan kemudian diminati dan ini hitungannya itu per lembar. Per lembar (daun) harga satu lembar itu ada yang Rp1 juta, Rp10 juta. Ada yang di atas itu dan kalau dia bisa kembangkan lima lembar itu bisa Rp100 juta," beber Syahrul.

Baca Juga : Terekam CCTV! Begini Modus Baru Pencurian Barang dalam Mobil 

Pertanian, lanjut Syahrul, merupakan solusi di setiap tantangan di era globalisasi bahkan di masa pandemi. Selain bisa menambah penghasilan, produk pertanian dari tanaman hias juga bisa membuat imunitas menjadi kuat dengan hoby mengoleksi tanaman hias.

"Koleksi tanaman hias ini bisa meningkatkan imun karena hoby yang menyenangkan disamping mengkonsumsi makanan yang bergizi dan itu juga dihasilkan dari produk pertanian yang terus didukung bapak Presiden dan menteri lainnya," tambahnya.

Di lokasi yang sama, Eksportir Tanaman Hias Ade Wardhana Adinata menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Diharapkan, dengan dukungannya para petani milenial dan pelaku tanaman hias bisa terus semangat.

"Mudah-mudahan terus memberikan aspirasi dan stimulus untuk kemajuan tanaman hias di Indonesia. Semoga para pelaku tanaman hias khususnya milenial menjadi lebih bersemangat karena ini peluangnya sangat terbuka sekali untuk kita. Tidak hanya di domestik tapi juga di negara luar dimana pertanian khususnya tanaman hias sangat diminati oleh warga negara dunia," ucap Ade.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini