Perjalanan Cinta Din Syamsuddin hingga Menikahi Cucu Pendiri Ponpes Gontor

Arie Dwi Satrio, Okezone · Minggu 03 Januari 2021 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 03 337 2338032 perjalanan-cinta-din-syamsuddin-hingga-menikahi-cucu-pendiri-ponpes-gontor-HmimNgXgYi.jpg Din Syamsuddin menikah dengan Rashda Diana Subakir (Foto: TofaTofa_ida)

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menceritakan perjalanan cinta mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin, sebelum hingga akhirnya menikahi salah satu cucu pendiri Pondok Pesantrean (Ponpes) Gontor, Jawa Timur, Rashda Diana Subakir. Din Syamsuddin resmi menikah dengan Rashda pada hari ini, Minggu 3 Januari 2021.

Anwar Abbas menganggap Din Syamsuddin sudah seperti adiknya sendiri. Ia mengaku mengetahui betul perjalanan cintanya Din Syamsuddin. Pernikahannya dengan Rashda, merupakan yang ketiga kalinya untuk Din Syamsuddin. Istri pertama Din Syamsuddin yakni, almarhumah Vira Beranata.

"Istrinya Vira Beranata adalah mungkin satu-satunya orang di dunia ini -di samping ibu kandungnya tentunya - yang betul-betul mengerti dan paham akan dirinya yang mau menerima semua kelebihan dan kekurangannya," kata Anwar kepada MNC Media, Minggu (3/1/2021).

Baca Juga: Din Syamsuddin Pernah Nyantri di Ponpes Gontor, Kini Mempersunting Cucu Sang Kiai

Din menikah Foto @TofaTofa_id

Pernikahan Din Syamsuddin dengan Vira Beranata, dikaruniai tiga orang putra. Anwar menilai pernikahan pertama Din Syamsuddin dengan Vira sangat bahagia. Sayangnya, Vira harus meninggalkan Din Syamsuddin untuk selama-lamanya.

"Tuhan memanggil sang istri tercinta dan aku sebagai kakak benar-benar menitikkan airmata. Apakah ada kira-kira wanita yang kuat dan sabar yang bisa menggantikan untuk mendampinginya dalam perjuangannya?" ucapnya.

Baca Juga: Intip Momen Sakral Pernikahan Din Syamsuddin dan Rashda Diana

Lebih kurang setahun kemudian, beber Anwar, Din Syamsuddin menemukan kembali tambatan hatinya untuk dijadikan sebagai pendamping hidup. Din Syamsuddin menikah untuk yang kedua kalinya. Saat itu, Din menikah dengan Novalinda Jonafrianty.

"Aku lihat dia senang dan bahagia. Tapi sayang setelah beberapa tahun berkeluarga badai pun datang menerpa. Apa yang terjadi biarlah mereka berdua saja yang tahu akan duduk masalahnya. Yang mungkin penting kita ketahui, dia sebenarnya masih sangat sayang kepada isterinya, dan aku tahu bagaimana dia sebagai nakhoda telah berjuang keras untuk menyelamatkan kapalnya," beber Anwar.

Pernikahan Din Syamsuddin dengan Novalinda tak berlangsung lama. Keduanya akhirnya memutuskan untjk bercerai. Walaupun, kata Anwar, Din Syamsuddin telah memperjuangkan hubungan mereka untuk tetap berlanjut. 

"Berbagai cara dan upaya telah dilakukannya. Ibarat orang berjalan dia telah sampai ke ujungnya. Tapi Tuhan yang di atas sana tampaknya sudah punya ketentuan tersendiri untuknya, sehingga takdir membawanya ke arah yang berbeda," ungkap Anwar

"Aku tahu bagaimana dia cinta dan sayang serta bertanggung jawabnya kepada istri dan keluarganya .Tapi kalau sudah suratan dari Tuhan yang ada di atas sana siapa yang akan bisa menolaknya," imbuhnya.

Anwar Abas mengatakan, Din dengan Novalinda berpisah dengan baik-baik. Meskipun, harus berurai airmata. Bagi Anwar, hal itu benar-benar terlihat sebagai suatu hal yang luar biasa, karena di landasi dengan cinta dan ketentuan serta pedoman dari ajaran agama.

"Setelah mereka berpisah, kini adikku telah menemukan pasangan barunya. Sebagai pasangan yang sudah sama-sama berusia mereka sepakat untuk membangun rumah tangga," ucap Ketua PP Muhammadiyah tersebut.

Lebih lanjut, kata Anwar, Din Syamsuddin dan Rashda sudah bersepakat untuk tidak mengejar dunia, tapi bagaimana mengisi hidup ini dengan sebaik-baiknya agar bisa berarti dan bermakna. Oleh karenanya, sebagai orang yang dekat dengan Din Syamsuddin, Anwar meminta agar keduanya diberikan kebahagiaan.

"Saya yakin dan percaya Allah SWT sangat cinta dan sayang kepadanya. Insya Allah dia akan membentangkan pintu berkah dan ridho kepadanya, sehingga keluarga baru yang dia bangun bersama pasangannya ini akan menjadi keluarga yang bahagia," kata Anwar.

"Sehingga kita sebagai kakak dan teman-teman serta adik-adiknya merasa senang dan gembira melihatnya karena sudah ada sang istri yang akan mengurus serta mendampinginya.

Semoga engkau bahagia wahai adikku dan kami berharap semoga Allah swt selalu melindungi dan meridhoimu," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini