Pembuat Parodi Lagu Indonesia Raya Ternyata Paham Trik Kelabui Polisi

Riezky Maulana, iNews · Sabtu 02 Januari 2021 02:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 02 337 2337507 pembuat-parodi-lagu-indonesia-raya-ternyata-paham-trik-kelabui-polisi-rBbCgYRJIF.jpg Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono (Foto: BNPB)

JAKARTA - Bareskrim Polri berhasil menangkap pelaku pembuat parodi lagu Indonesia Raya. Pelaku berjumlah dua orang dengan inisial NJ (11) serta MDF (16) yang merupakan warga negara Indonesia.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono menuturkan, dari dugaan sementara, pelaku MDF telah belajar untuk melakukan pengelabuan terhadap polisi jika nantinya dia berurusan dengan aparat penegak hukum. Menurutnya, MDF paham untuk menyamarkan lokasi dan paham bagaimana cara membuat akun anonim.

Baca Juga:  Kemenlu Konfirmasi Pembuat Parodi Penghinaan Lagu Indonesia Raya WNI

Disebutkan Argo, MDF telah diberikan keleluasaan oleh orangtuanya untuk menggunakan handphone sejak berusia delapan tahun.

"Jadi umur delapan tahun ini sudsh belajar menggunakan handphone dan kemudian juga paham bagaimana dia itu mengelabui, bagaimana seandainya ada petugas dan ketahuan dia sudah bisa. membuat nama akun palsu dia melakukan. Dia belajar bagaimana kalau ada pelanggaran pidana dia tidak terdeteksi. Tapi kan ternyata terdeteksi juga," kata Argo di Jakarta, Jumat (1/1/2021).

Dia menuturkan, berdasarkan hasil pemeriksaan, ada berbagai macam barang bukti yang diamankan, antara lain handphone, simcard serta perangkat komputer pribadi. "Kemudian, ada Akte Kelahiran untuk mengetahui umur anak ini berapa atas nama MDF. Kemudian, satu buah Kartu Keluarga untuk menunjukkan MDF ini anak dari orangtuanya," ungkapnya.

Baca Juga:  Pelaku Parodi Indonesia Raya WNI, Roy Suryo: Kejanggalan Ada di Detik 50

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, pelaku pertama diamankan oleh Polisi Diraja Malaysia (PDRM) berinisial NJ (11). Dari keterangan pelaku pembuat awal video tersebut ternyata berada di Indonesia bernama MDF (16).

"Kemudian kita tangkap (MDF) di Cianjur oleh penyidik Siber Bareskrim, jadi inisialnya MDF ini umurnya 16 tahun," kata Argo.

Keduanya kata Argo saling berteman di dunia maya. Mereka juga sering berkomunikasi bahkan saling mengejek satu sama lain. MDF kata Argo pelaku pertama yang membuat parodi lagu tersebut berjudul "Indonesia Raya Instrumental (Parody + Lyrics)" kemudian diunggah di YouTube dengan akun "MY Asean".

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini