Firli Bahuri : Tak Elok Bandingkan Kinerja KPK Tahun 2020 dengan Sebelumnya

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 30 Desember 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 337 2336320 firli-bahuri-tak-elok-bandingkan-kinerja-kpk-tahun-2020-dengan-sebelumnya-XmYsy8RL8s.jpg Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto : Sindonews)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meminta semua pihak untuk tidak lagi membanding-bandingkan kinerja pihaknya dengan kinerja pimpinan lembaga antikorupsi sebelumnya. Itu karena kepemimpinan Firli di tahun ini dihadapkan pada pandemi Covid-19.

"Bahwa tahun 2020 memang kondisinya berbeda dengan tahun sebelumnya, sehingga menurut hemat kami dan tentu kita semua sependapat, tidak elok kalau kita membandingkan apa yang terjadi di tahun 2020 dengan tahun sebelumnya," ujar Firli dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (30/12/2020).

Akibat pandemi Covid-19 ini, kata Firli, secara langsung mempengaruhi KPK untuk mengubah mekanisme serta tata cara kerja. Hal inilah yang lantas membuat KPK tidak bisa bekerja 100 persen seperti tahun sebelumnya karena ada beberapa pegawai yang bekerja dari rumah (work from home/WFH).

"Tapi kondisi ini tidak menyurutkan semangat KPK untuk melakukan pemberantasan korupsi," ucapnya.

Baca Juga : Firli Bahuri: 17 Tahun Kiprah KPK di Indonesia, Semangat Berprestasi untuk Negeri

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menyebut bahwa KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri Cs di tahun pertama kinerjanya lebih baik daripada KPK di bawah kepemimpinan Agus Rahardjo Cs.

"KPK dianggap lemah lalu pemerintah lagi yang dituding. Padahal kita sudah mengatakan KPK itu independen. Meskipun sebenarnya saudara, kalau mau kita objektif tahun pertama KPK yang sekarang dibandingkan dengan tahun pertama KPK yang sebelumnya itu objektifnya juga lebih banyak sekarang prestasinya," kata Mahfud dalam diskusi bertajuk Masalah Strategis Kebangsaan dan Solusinya, secara virtual, Minggu (27/12/2020).

Menurut Mahfud, KPK era Agus Rahardjo di tahun pertama bekerja tidak bisa berbuat apa-apa dibanding KPK di era Firli Bahuri.

Baca Juga : Mahfud MD: KPK Era Firli Lebih Banyak Prestasinya Dibanding Era Agus Rahardjo

"Kita ingat Agus Rahardjo menjadi ketua KPK pertama bersama Saut dan sebagainya itu tahun pertama enggak bisa berbuat apa-apa. Ini sekarang setahun sudah bisa berani menangkap menteri DPR, DPRD, Bupati, Wali Kota juga ditangkepin juga udah lebih banyak saat ini sebenarnya," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini