Kakorlantas Pastikan Perayaan Tahun Baru Tak Ada Kerumunan

Khafid Mardiyansyah, Okezone · Rabu 30 Desember 2020 08:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 337 2336078 kakorlantas-pastikan-perayaan-tahun-baru-tak-ada-kerumunan-T9MNm8QZRz.jpg Kakorlantas tinjau operasi lilin (Foto: Polri)

JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Istiono mengecek langsung pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dan prokes covid 19 di beberapa tempat.

Terkait pengamanan secara nasional, Istiono memastikan Polri bersama jajaran TNI dan stakholder terkait akan melakukan secara maksimal dan berkala.

Sebab, himbauan pemerintah untuk tidak ada perayaan natal dan tahun baru harus dilakukan secara ketat demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Oleh karena itu polisi beserta TNI dan jajarannya terus melakukan pemantauan-pemantauan dan situasi kamseltibcarlantas. Untuk tahun baru dilarang dilakukan kegiatan-kegiatan malam tahun baru," jelasnya.

"Izin keramaian di titik-titik tertentu di perhotelan pun tidak dikeluarkan. Juga dikeluarkan maklumat Kapolri tentang masalah kerumunan. Tidak Ada kegiatan perayaan malam tahun baru untuk mencegah penyebaran Covid-19,” papar Istiono.

Baca Juga: Tinjau Bandara dan Pelabuhan, Kakorlantas Sebut Wisatawan Bali Menurun 90%

Imbauan itu dijelaskan Istiono saat memantau Operasi Lilin di berbagai tempat. Pertama Irjen Istiono mengecek Terminal Bus terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, dan Stasiun Kereta Api Gambir Jakarta Pusat.

Tidak hanya melihat dan mengevaluasi kesiapan di dua titik tersebut, Kakorlantas juga meninjau penerapan test Swab Antigen secara gratis. Tidak hanya pemudik dan para penumpang, petugas terminal, sopir dan awak kendaraan juga dites Antigen secara gratis.

Tercatat, di Pulo Gebang setidaknya Korlantas Polri melakukan test Swab antigen kepada 100 orang sehari secara gratis. Demikian pula di Stasiun Kereta Api Gambir.

Tidak cukup hanya di Jakarta, Kakorlantas segera menuju Bali untuk menyampaikan kepedulian yang sama. Bertempat di Mall Beach Walk, Kuta, Bali, Kakorlantas bersama Kapolda Bali, Dirut Jasa Raharja, Kabag Ops Korlantas Polri, Dirlantas Bali, Kabiddokes Bali, Kapolresta Denpasar serta Dandim Badung, melakukan peninjauan untuk melihat Protokol Kesehatan yang telah dilaksanakan pada Ops Lilin 2020.

Di Kuta, setidaknya 500 orang secara gratis mendapatkan test Swab PCR Antigen yang sangat mereka perlukan. “Kami yang keluar-masuk Bali kan memang harus membawa surat keterangan hasil Swab,” kata Rita, turis domestik dari Jakarta.

Dalam perjalanan pulang, Kakorlantas juga melakukan peninjauan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Di sana Tim Korlantas Polri melakukan pengecekan kepada pengendara, penumpang kapal feri dan petugas pelabuhan untuk memastikan kondisi kesehatan mereka.

Saat melintas di Jalan Tol Ngawi, Jawa Timur, Kakorlantas juga menyempatkan diri meninjau rest area km 575 di jalan tol Ngawi. Rest area tersebut memang menjadi salah satu titik pengecekan dan pelaksanaan test Swab PCR Antigen secara gratis kepada pemakai jalan. Jajaran Korlantas di wilayah tersebut setiap hari menargetkan bisa memberikan 100 test Swab PCR Antigen gratis kepada para pengguna jalan tol.

Menanggapi hal itu, Aliansi Mahasiswa dan Millenials Bersatu (AMMI) menyatakan rasa hormat dan apresiasi mendalam kepada jajaran Kepolisian RI (Polri), khususnya Kepala Korps Lalu-lintas (Kakorlantas) Irjen Pol Istiono yang secara massif menggelar random test PCR Antigen sebagai bagian penting Operasi Lilin 2020.

Random test PCR yang dilakukan secara gratis tersebut menunjukkan tingginya kepedulian Polri, terutama Korlantas, kepada apa yang tengah dibutuhkan masyarakat.

Pernyataan hormat dan apresiasi itu dikemukakan Ketua Aliansi Mahasiswa dan Milenial Bersatu (AMMI), Nurkhasanah, kepada wartawan. Menurut Nurkhasanah, pantauan organisasinya seiring momen penting libur panjang Natal dan Tahun Baru menemukan bahwa masyarakat, terutama para pemudik, sangat membutuhkan surat keterangan yang menunjukkan bahwa mereka bebas atau tidak terpapar Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini