Harun Masiku Belum Tertangkap, DPR Beri Catatan Hitam untuk KPK

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Selasa 29 Desember 2020 22:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 337 2335964 harun-masiku-belum-tertangkap-dpr-beri-catatan-hitam-untuk-kpk-TxkWgzFyXb.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Taufik Basari memberikan satu catatan hitam bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Catatan hitam itu muncul karena belum berhasilnya KPK menangkap salah satu buronan koruptor.

"Ada satu catatan hitam di dalam tahun ini terkait dengan kinerja KPK, yaitu soal belum ditangkapnya Harun Masiku," ujar Taufik dalam diskusi virtual bertajuk 'Catatan Akhir Tahun dan Menatap Hukum Masa Depan', Selasa (29/12/2020).

"Ini sudah Desember 2020. Ini harus menjadi pekerjaan rumah KPK untuk di tahun 2021 untuk terus mengejar dimanakah Harun Masiku," tambahnya.

Taufik juga turut menilai banyaknya tuduhan beberapa masyarakat yang menyebut KPK dilemahkan. Padahal katanya tuduhan itu tidak terbukti, karena dibuktikan dengan kinerja pencegahan dan penindakan yang dilakukan KPK.

Harun Masiku (Foto : KPU)

Baca Juga : KPK Berharap MA Cabut Hak Politik Mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan

"Tahun 2020 ini adalah waktu dimana KPK harus bisa membuktikan bahwa dugaan-dugaan, tuduhan bahwa KPK dilemahkan, KPK tidak bekerja, KPK mati suri, dan sebagainya, itu keliru," kata Taufik.

Dia mencontohkan pencapaian KPK di penghujung 2020 yang berhasil meringkus dua menteri, yakni mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo serta eks Menteri Sosial Juliari P Batubara.

"Tidak seperti yang dikhawatirkan OTT seolah tidak bisa dilakukan lagi dan sebagainya. Tetapi (nyatanya) tetap dilakukan. Bahkan menyasar pada sampai pada menteri di kabinet," ungkapnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini