Share

Penumpang Pesawat dari Luar Negeri Wajib Karantina 5 Hari, Begini Alurnya

Isty Maulidya, Okezone · Selasa 29 Desember 2020 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 337 2335939 penumpang-pesawat-dari-luar-negeri-wajib-karantina-5-hari-begini-alurnya-E1z247Szwn.jpg Penumpang dari luar negeri harus menjalani karantina selama 5 hari. (Foto: iNews)

TANGERANG - Satgas Udara Penanganan Covid-19 telah menyiapkan proses karantina bagi seluruh penumpang asal luar negeri yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Seluruh penumpang asal luar negeri, baik itu WNA ataupun WNI diwajibkan karantina selama 5 hari di hotel yang telah disediakan.

Ketua Satgas Udara Penanganan Covid-19, Kolonel Pas M.A Silaban mengatakan, prosedur yang harus dilakukan penumpang asal luar negeri begitu tiba di Indonesia adalah memastikan dokumen kesehatan telah diperiksa oleh petugas, dan kemudian akan dijemput oleh petugas menuju tempat karantina. 

Begitu tiba di lokasi karantina, maka dilakukan pemeriksaan PCR test. Begitu juga setelah masa karantina selesai, maka penumpang tersebut juga harus melakukan PCR Tes ulang.

"Kami menjalankan prosedur persiapan karantina mulai dari Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta. Setelah penumpang internasional memproses kedatangan di bandara yang meliputi antara lain pengecekan dokumen kesehatan, lalu imigrasi serta pengambilan bagasi, kemudian kami mempersiapkan pengantaran para penumpang ini menuju tempat karantina," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (29/12/2020). 

Silaban juga menjelaskan bahwa proses melakukan karantina tersebut yang membuat penumpang rute internasional agak terhambat untuk dapat keluar Terminal 3 Kedatangan Internasional pada 28 Desember malam.

Baca juga: Pemerintah Lakukan Ini Guna Mencegah Masuknya Varian Baru Covid-19 ke Indonesia

“Proses menuju lokasi karantina ini yang kemudian menyebabkan adanya kepadatan di Terminal 3 Kedatangan Internasional sebagaimana foto yang beredar di media sosial, karena sejumlah pesawat juga datang bersamaan,” lanjutnya.

Sebelumnya diketahui bahwa pada 28 Desember 2020 lalu, Satgas Penanganan Covid-19 menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Follow Berita Okezone di Google News

Berdasarkan surat edaran tersebut, WNA yang dimaksud di dalam Addendum SE 03 tahun 2020 adalah semua WNA yang tiba pada tanggal 28-31 Desember 2020. Adapun pada 1-14 Januari 2021, seluruh WNA tidak diperbolehkan masuk ke Indonesia.

Sejalan dengan surat edaran yang diterbitkan Satgas Penanganan Covid-19 maka penumpang rute internasional baik itu WNI dan WNA yang tiba di Indonesia mulai 28 Desember 2020 wajib melakukan karantina selama 5 hari.

Bagi WNI, karantina dilakukan di akomodasi karantina khusus yang disediakan pemerintah. Sementara itu, bagi WNA karantina dilakukan di tempat akomodasi karantina dengan biaya mandiri (hotel/penginapan) yang telah mendapat sertifikasi penyelenggaraan akomodasi karantina Covid-19 oleh Kementerian Kesehatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini