Menkes Ungkap 4 Tahapan dalam Proses Vaksinasi Covid-19

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 29 Desember 2020 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 337 2335670 menkes-ungkap-4-tahapan-dalam-proses-vaksinasi-covid-19-y6VG6PNYd4.jpg Budi Gunadi Sadikin. (BPMI)

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkap ada empat tahapan rencana vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Hal itu diputuskan setelah dirinya berdiskusi dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Budi menjelaskan, vaksinasi tahap pertama akan dilakukan kepada petugas kesehatan (health workers) yang berjumlah 1,3 juta orang di 34 provinsi. Mereka berhak mendapatkan prioritas karena berada di garda terdepan penanganan pandemi corona.

"Tahap pertama yang akan dilakukan vaksinasi ke petugas kesehatan. Di Indonesia ada 1,3 juta orang di 34 provinsi," ucap Budi saat jumpa pers secara virtual di Kantor Presiden, Selasa (29/12/2020).

Tahap kedua, kata Budi, vaksinasi akan dilakukan kepada petugas publik (public workers) yang jumlahnya mencapai 17,4 juta orang di seluruh Indonesia. Tahap ketiga, vaksinasi akan diberikan ke masyarakat lanjut usia (lansia) atau berusia di atas 60 tahun, yang jumlahnya mencapai 21,5 juta orang.

"(Keempat) setelah itu nanti masyarakat normal akan mulai diimunisasi," jelasnya.

Baca Juga : Trending Topic, Netizen Ramai Bahas Terawan Dalang RI Gagal Beli Vaksin Sinopharm-AstraZeneca

Budi menjelaskan, tiap negara memiliki tahapan imunisasi berbeda-beda. Namun, ia memastikan tiap negara tersebut pasti memberikan vaksinasi tahap pertama kepada tenaga kesehatan. Kemudian di tahap kedua, masing-masing negara memiliki kebijakan berbeda.

"Untuk perbandingan, setiap negara memiliki tahapan imunisasi yang berbeda-beda. Tapi yang seragam adalah semua negara pasti tahap pertamnya ada nakes, ini adalah garda depan di masa pandemi. Jadi apa yang kita lakukan konsisten dengan yang dilakukan di Inggris, Amerika, di semua negara, health workers merupakan prioritas pertama," ungkapnya.

Baca Juga : Vaksinasi Covid-19 Dimulai Januari 2021, Menkes: Kami Butuh Koordinasi Seluruh Puskesmas

"Di beberapa negara tahapan keduanya berbeda-beda, ada yang berdasarkan umur, (kalau) di kita public workers dulu, karena kita membutuhkan waktu untuk memastikan bahwa vaksin yang digunakan nanti bisa berlaku untuk usia di atas 60 tahun," tutur Budi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini