Pelecehan Lagu Indonesia Raya, MPR: Berpotensi Merusak Hubungan Baik RI-Malaysia

Abdul Rochim, Koran SI · Selasa 29 Desember 2020 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 337 2335666 pelecehan-lagu-indonesia-raya-mpr-berpotensi-merusak-hubungan-baik-ri-malaysia-ouYik5iRpB.jpg Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengecam keras atas penghinaan dan pelecehan lagu Indonesia Raya di akun YouTube My Asean yang diduga berasal dari Malaysia. Menurutnya, perbuatan penghinaan terhadap lagu kebangsaan suatu negara merupakan tindak pidana terhadap kehormatan negara.

Pihaknya juga meminta pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dapat mengirimkan nota diplomatik yang berisikan protes kepada pemerintah Malaysia, dan bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Badan Intelijen Negara (BIN) melakukan penyidikan dan koordinasi dengan pemerintah Malaysia terkait pengusutan dan investigasi kasus tersebut, agar segera diketahui pelakunya. Dengan begitu, jika terbukti melakukan pelanggaran dapat segera dilakukan tindakan tegas oleh pemerintah Malaysia.

"Saya juga mendorong pemerintah Indonesia dan media-media di Indonesia menyampaikan pemberitaan yang berisikan update terkait hal tersebut dengan tidak memprovokasi pembaca atau masyarakat. Diharapkan juga masyarakat tidak mudah terprovokasi dan terpancing emosi oleh kejadian tersebut yang berpotensi dapat merusak kerjasama dan hubungan baik antara Indonesia dan Malaysia," tuturnya, Selasa (29/12/2020).

Baca Juga:  Kemenlu Ungkap Sudah Ada Kemajuan dalam Investigasi Parodi Lagu Indonesia 

Dikatakan Bamsoet, pemerintah Indonesia dan Malaysia dapat segera menyelesaikan kasus tersebut secepatnya, serta berkomitmen dan memastikan agar kasus serupa tidak akan terjadi lagi pada masa mendatang, sehingga kerja sama dan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Malaysia dapat tetap terjalin dengan baik.

Sebelumnya, Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia di Jakarta telah memberikan pernyataan pers dan memberikan perhatian khusus atas video penghinaan terhadap Indonesia yang diunggah oleh pihak yang mengaku berasal dari Malaysia.

Melalui Laman Facebook Kedubes Malaysia di Jakarta, Otoritas Malaysia sedang melakukan investigasi atas persoalan yang bisa mengganggu hubungan baik kedua negara tersebut.

"Jika benar bahwa konten tersebut diunggah oleh warga Malaysia maka langkah tegas akan diambil oleh Pemerintah Malaysia sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," bunyi sikap resmi Kedubes Malaysia di Jakarta, dikutip Minggu 27 Desember 2020.

Baca Juga:  Lecehkan Lagu Indonesia Raya, Ini Hukuman yang Bakal Diberikan

Dalam pernyataannya, Pemerintah Malaysia mengutuk keras segala bentuk provokasi negatif dengan niat untuk mempengaruhi hubungan bilateral kedua negara yang selama ini terjalin sangat dekat antara Pemerintah Malaysia dan Indonesia.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini