Selidiki Kematian 6 Laskar FPI, Komnas HAM Terima Serangan dari Medsos

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 29 Desember 2020 04:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 337 2335333 selidiki-kematian-6-laskar-fpi-komnas-ham-terima-serangan-dari-medsos-PcgtLqc2lI.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sedang proses penyelidikan peristiwa tewasnya enam anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI) yang ditembak pihak Kepolisian. Namun ternyata para komisioner mendapatkan hal-hal yang tidak diinginkan melalui media sosial (medsos).

Komisioner Komnas HAM Amiruddin mengatakan, belakangan ini ketika sedang melakukan investigasi peristiwa tewasnya enam laskat FPI pihaknya mendapatkan penyerangan personal di medsos.

"Belakangan mulai menyerang personal yang disampaikan melalui media sosial. Saya pikir ini perlu dihentikan supaya masyarakat tidak jadi bertambah bingung," kata dia dalam konferensi pers, Senin (28/12/2020).

Tidak hanya itu, pihaknya pun dalam proses penyelidikan peristiwa tewasnya enam anggota Laskar FPI mendapatkan banyak sekali berita bohong atau (hoax). Hoax tersebut disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

"Selama proses penyelidikan, Komnas HAM mendapatkan beberapa fakta terutama karena tersebar info yang disebarkan oleh banyak orang, sebagian besar itu hoax," tutur Amiruddin.

Lebih lanjut Komnas HAM melihat ada beberapa pihak yang berupaya untuk mencampuradukan antara keterangan yang didapatkan terkait penembakan Laskar FPI dengan keterangan lain. Dirinya pun berharap agar hoax seperti itu dapat dihentikan.

"Kami mengharapkan masyarakat supaya berhati-hati dengan hoax seperti ini. Karena sampai hari ini Komnas HAM masih dalam proses terus menguji semua keterangan dan bukti, sehingga kami betul-betul bisa menyampaikan peristiwa ini dalam bentuk riilnya," ungkap Amiruddin.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini