Pemerintah Malaysia Kecam Parodi Penghinaan Lagu Indonesia Raya

Abdul Rochim, Koran SI · Minggu 27 Desember 2020 22:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 27 337 2334631 pemerintah-malaysia-kecam-parodi-penghinaan-lagu-indonesia-raya-JfqDwX52Wj.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia di Jakarta memberikan perhatian khusus atas video penghinaan terhadap Indonesia, yang diunggah oleh pihak yang mengaku berasal dari Malaysia.

Melalui Laman Facebook Kedubes Malaysia di Jakarta, Otoritas Malaysia sedang melakukan investigasi atas persoalan yang bisa mengganggu hubungan baik kedua negara tersebut.

"Jika benar bahwa konten tersebut diunggah oleh warga Malaysia, maka langkah tegas akan diambil oleh Pemerintah Malaysia sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," bunyi sikap resmi Kedubes Malaysia di Jakarta, dikutip Minggu (27/12/2020).

Baca juga: Hilang dari Youtube, Video Parodi Indonesia Raya Di-Takedown Kominfo

Dalam pernyataannya, Pemerintah Malaysia mengutuk keras segala bentuk provokasi negatif dengan niat untuk mempengaruhi hubungan bilateral kedua negara yang selama ini terjalin sangat dekat antara Pemerintah Malaysia dan Indonesia.

Baca juga:  Penghinaan! Lagu Indonesia Raya Dibuat Parodi

Diberitakan sebelumnya, lagu Indonesia Raya dibuat parodi oleh akun MY Asean dan diunggah di YouTube. Persoalannya, lagu kebangsaan tersebut diubah aransement dan liriknya.

Video berdurasi 1,31 menit tersebut diunggah sekitar 2 pekan lalu oleh akun berlogo bendera Malaysia. Kini materi tersebut sudah di takedown.

Dalam video itu, lirik lagu diawali dengan suara ayam berkokok. Aransemen lagu pun terlihat hampir seperti aslinya, hanya tambahan suara ayam dalam lagu itu.

Begitu pun dengan gambar sepanjang video background Merah Putih ditimpal dengan dua anak yang tampak sedang membuang air seni. Sementara di tengahnya terdapat ayam di lambang Pancasila.

Lirik lagu sendiri berisi penghinaan mulai dari Indonesia bangsa sial dan mundur. Dalam lagu tersebut, Presiden Jokowi dan Soekarno juga dipelesetkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini