Pasien Mesum dengan Nakes di RSD Wisma Atlet Dipantau Khusus

Tim Okezone, Okezone · Minggu 27 Desember 2020 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 27 337 2334477 mesum-dengan-pasien-nakes-rsd-wisma-atlet-diperiksa-di-polres-jakpus-htIpoCq3gS.jpg RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kapendam Jaya Letnan Kolonel Arh Herwin BS mengatakan, kondisi pasien Covid-19 yang diduga berbuat mesum sesama jenis dengan oknum tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat dalam kondisi baik. Namun, dalam pemantauan khusus.

"Pasiennya sehat, normal tapi positif Covid-19. Jalani aktivitas biasanya. Namun, dipisahkan diisolasikan atau dipisahkan dalam pemantauan khusus," ujarnya saat berbincang dengan Okezone, Minggu (27/12/2020).

Letkol Herwin menegaskan, telah melimpahkan kasus oknum nakes yang berbuat mesum ke kepolisian. Oknum nakes tersebut juga sudah menjalani pemeriksaan di Polres Jakarta Pusat.

"Jadi, pemeriksaannya kita limpahkan ke Polres Jakarta Pusat tadi malam, itu kan pemeriksaan ranahnya kepolisian," katanya.

Baca Juga:  RSD Wisma Atlet Bebas Tugaskan Perawat Diduga Mesum Sesama Jenis dengan Pasien Covid-19

Letkol Herwin mengatakan, untuk pasiennya masih positif Covid-19 sehingga belum diperiksa kepolisian. Pasien tersebut masih harus menjalani proses penyembuhan. Bila nantinya kondisinya sudah dinyatakan negatif Covid-19, pihaknya mempersilakan kepolisian untuk melakukan pemeriksaan.

"Oknum nakes aja, karena pasiennya positif Covid-19, belum bisa diperiksa," tuturnya.

Pihaknya menyesalkan perbuatan keduanya, karena telah melanggar norma susila. Ditambah, dampak dari perbuatan keduanya berisiko terhadap penularan virus kepada tenaga kesehatan lain.

Baca Juga:  Diduga Mesum Sesama Jenis di RSD Wisma Atlet, Pasien dan Nakes Ditangkap

Dengan kejadian ini, manajemen RSD Wisma Atlet akan memperbaiki pengawasan kepada para penghuni Wisma Atlet agar tidak terulang. "Kami juga akan mengevaluasi proses rekrutmen relawan medis sebagai bentuk antisipasi," tuturnya.

Ke depan, pihaknya juga akan lebih meningkatkan standar prosedur operasianal (SOP) RSD Wisma Atlet termasuk dalam pengawasan kegiatan dan di setiap Tower serta memonitor pelaksanaan pelayanan kesehatan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini