Epidemiolog: Peluang Varian Baru Covid-19 Menyebar ke Berbagai Negara Sangat Besar

Muhamad Rizky, Okezone · Jum'at 25 Desember 2020 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 25 337 2333600 epidemiolog-peluang-varian-baru-covid-19-menyebar-ke-berbagai-negara-sangat-besar-r4XZUlZDwr.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Ahli Epidemologi Dicky Budiman mengungkapkan, peluang varian baru virus corona untuk menyebar ke berbagai negara sangat memungkinkan.

Bahkan menurut Dicky, varian baru virus tersebut sangat mungkin sudah tersebar ke berbagai negara melalui mobilitas orang yang melakukan perjalanan skala International.

"Karena namanya penerbangan gara-gara yang masih membuka penerbangan jalur International, Eropa ataupun negara lain ini sangat terbuka kemungkinan itu," kata Dicky kepada Okezone, Jumat (25/12/2020).

Baca juga:  Isolasi dan Perawatan Covid-19 WNA Tak Ditanggung Pemerintah 

Hal ini lanjut Dicky, diperparah dengan masih lemahnya pemantauan atau deteksi dini yang dilakukan berbagai negara termasuk Indonesia dalam mengantisipasi virus tersebut.

"Apalagi juga tidak semua negara menerapkan sistem karantina yang terkendali dan juga memantau orang yang masuk ini dengan pemeriksaan yang ketat termasuk genomnya ini yang tidak semua negara melakukan sehingga potensi bahwa setiap ada virus baru cepat berkembang itu ya tentu akan besar kemungkinan ini yang jadi penyebab," ungkapnya.

 Baca juga: Kasus Varian Baru Covid-19, Ini Imbauan Satgas kepada Masyarakat 

Karena itu, Dicky mengimbau khususnya pada pemerintah Indonesia untuk mengambil respons secepat mungkin dalam menangani persoalan pandemi.

Karena kata dia, kondisi pandemi yang semakin tidak terkendali memungkinkan untuk memunculkan varian baru virus corona.

"Dan adanya situasi baru ini mengharuskan kita benar-benar meningkatkan respon pengendalian pandemi ini dengan sangat serius," tandasnya.

 

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini