Menparekraf Sandiaga Jadi Sorotan, Pengamat: Kepentingan Negara Jauh Lebih Besar

Muhamad Rizky, Okezone · Jum'at 25 Desember 2020 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 25 337 2333595 menparekraf-sandiaga-jadi-sorotan-pengamat-kepentingan-negara-jauh-lebih-besar-WD4DVOjtX0.jpg Menparekraf, Sandiaga Uno (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Terpilihnya Sandiaga Solahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) belakangan menjadi sorotan dari berbagai pihak. Pasalnya Sandiaga yang merupakan rival Jokowi pada Pilpres 2019 lalu justru mendapat tempat dalam kabinet.

Pengamat Politik, Idil Akbar menilai, kembali menyoroti pertarungan keduanya saat Pilpres 2020 justru sudah tidak relevan. Pasalnya ada kepentingan yang lebih besar yang harus diutamakan.

"Kepentingan negara jauh lebih besar dari sekedar menjaga rivalitas tersebut," kata Idil saat dikonfirmasi Okezone, Jumat (25/12/2020).

Baca juga:  Sandiaga Didaulat Jadi Menparekraf, Tagar #SandiUnoAndalan "Rajai" Medsos

Idil mengungkapkan, pemilihan Sandiaga oleh mantan Wali Kota Solo itu sama dengan pemilihan menteri lainnya. Hal itu dilakukan demi meningkatkan kinerja para pembantu presiden.

"Mereka dipilih karena dinilai memiliki kecakapan dan kapabilitas untuk meningkatkan kinerja kementerian. Dan sejauh itu menurut saya semua masih cukup positif," bebernya.

 Baca juga: Sah Jadi Menparekraf, Sandiaga Uno Beberkan Pesan Jokowi dan Ma'ruf Amin

Namun demikian lanjut Idil, kinerja para menteri tersebut harus diawasi secara bersama-sama. Karena itu sudah seharusnya mereka harus mendapat kesempatan termasuk Sandiaga.

"Tinggal kita lihat bagaimana kinerja mereka nanti setelah dilantik untuk segera mengakselerasi kinerja agar berbagai masalah kebangsaan bisa segera diselesaikan," tandasnya.

 

Sebagai informasi, Jokowi melakukan resuffle terhadap kabinetnya. Toral ada 6 menteri yang diganti pertama Tri Rismaharini yang didapuk menjadi Menteri Sosial (Mensos).

Kemudian Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf). Lalu Budi Gunadi Sadikin didapuk menjadi Menteri Kesehatan (Menkes).

Selanjutnya Yaqut Cholil Coumas sebagai Menteri Agama (Menag), Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Muhammad Lutfi menjadi Menteri Perdagangan (Mendag).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini