Peristiwa 25 Desember: Perkiraan Kelahiran Yesus

Muhamad Rizky, Okezone · Jum'at 25 Desember 2020 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 25 337 2333593 peristiwa-25-desember-perkiraan-kelahiran-yesus-i3DpmQlQJd.jpg foto: Antara

JAKARTA - Sejumlah peristiwa bersejarah dan penting terjadi pada tanggal 25 Desember. Momen itu tercatat dalam sejarah.

Okezone merangkum beberapa peristiwa penting pada 25 Desember, seperti dikutip dari Wikipedia.org, Jumat (25/12/2019).

1. 6 SM – Perkiraan Kelahiran Yesus Kristus

 

Yesus dari Nazaret atau Yesus Kristus merupakan tokoh sentral Kekristenan. Menurut ajaran sebagian besar dominasi Kristen, Yesus dianggap sebagai Putra Allah atau Anak Allah. Umat Kristen meyakini bahwa Yesus adalah Mesias yang dinanti.

Kelahiran Yesus dirayakan setiap tahun pada 25 Desember dan dikenal dengan sebutan Natal. Umat Kristen percaya Yesus bahwa Yesus dikandung oleh Roh Kudus, dilahirkan dari seorang perawan bernama Maria, melakukan berbagai mukjizat, dan mati karena penyaliban.

2. 1599 – Kota Natal di Brasil Didirikan

Natal merupakan ibu kota dan kota terbesar di Negara Bagian Rio Grande do Norte yang terletak di timur laut Brasil. Berdasarkan data dari IBGE, pada 2018, penduduk yang menempati kota ini sebanyak 877.460 orang. Kota Natal juga menjadi salah satu tuan rumah saat pelaksanaan Piala Dunia 2014.

3. 1926 – Hirohito Jadi Kaisar Jepang

 

Hirohito adalah kaisar dengan masa kekuasaan terlama sepanjang sejarah Jepang. Ia menjabat sejak 1926 hingga 1989. Hirohito merupakan sosok penting pada Perang Dunia II dan masa pembagunan bagi Jepang.

Ketika menjabat, ia menyaksikan pertentangan di dalam negaranya. Kericuhan terjadi hingga mengakibatkan peperangan akibat pertentangan antara kelompok moderat dengan golongan kanan ultranasionalis yang disokong militer, khususnya angkatan darat, sebagai kekuatan terbesar saat itu.


4. 1991 – Mikhail Gorbachev Mundur dari Presiden Uni Soviet

 

Mikhail Gorbachev memimpin sejak 1985 hingga mundur pada 1991. Politikus Rusia itu melakukan perubahan besar-besaran dalam sistem perekonomian dan politik yang secara langsung maupun tidak langsung memicu bubarnya Uni Soviet.

Adapun mundurnya dari kursi presiden diawali dengan adanya percobaan kudeta dari kelompok garis keras di Moskow yang dipicu adanya perubahan bentuk negara.

5. 1939 – Novel A Christmas Carol Dipublikasikan

 

Sebuah novel karangan Charles Dickens yang mengisahkan seorang yang kikir yang diperankan oleh Ebenezer Scroooge dikunjungi oleh roh hantu Natal. Alhasil dengan adanya hantu itu membuat dirinya berubah menjadi baik.

Charles menulis A Christmas Carol selama periode ketika Inggris mempelajari dan meninjau ulang tradisi Natal masa lalu, termasuk kidung Natal dan kebiasaan baru seperti pohon Natal. Charles terilhami oleh pengalaman masa mudanya dan cerita tentang Natal karya penulis lain, termasuk Washington dan Douglas Jerrold.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini