Besok Pukul 20.00! "Ngobrol Bareng Gus Miftah" di iNews: Suka Cita Daniel Mananta Natal di Tengah Pandemi

Tim Okezone, Okezone · Kamis 24 Desember 2020 23:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 24 337 2333569 besok-pukul-20-00-ngobrol-bareng-gus-miftah-di-inews-suka-cita-daniel-mananta-natal-di-tengah-pandemi-hhCi7PPyIf.jpg foto: istimewa

Hari Raya Natal tahun ini berbeda dibanding tahun sebelumnya karena dirayakan di tengah pandemi Covid-19.

Pendemi yang belum berakhir, membuat Kementerian Agama menerbitkan Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Ibadah dan Perayaan Natal 2020. Panduan ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama No: SE. 23 Tahun 2020, yang ditandatangani mantan Menag Fachrul Razi tanggal 30 November 2020.

Baca juga:  Ketika Umat Muslim Melakukan Pengamanan di Gereja saat Misa Malam Natal 

Salah satu isi panduan penyelenggaraan kegiatan ibadah dan perayaan Natal di masa pandemi Covid-19, yaitu dilaksanakan secara sederhana dan tidak berlebihan, serta lebih menekankan persekutuan di tengah keluarga. Kemudian jumlah umat yang dapat mengikuti kegiatan ibadan dan perayaan Natal secara berjemaah tidak melebihi 50 persen kapasitas rumah ibadah.

Namun hal itu tidak membuat Daniel Mananta, presenter dan VJ kelahiran 1981 ini kehilangan semangat. Bersama istri dan kedua anaknya, Daniel merayakan Natal tahun ini dengan sebuah tradisi unik dari Jerman, negara asal sang istri.

Baca juga:  Cek Persiapan Misa Natal di Gereja Katedral, Kapolres Jakpus: Prokesnya Ketat 

Bagi Daniel memaknai Natal di tahun Ini sebagai sebuah hubungan. Hubungan tanpa harus melihat latar belakang seseorang. Hubungan umat dengan Tuhannya. Momen di saat Natal juga menjadi saat yang paling dinantikan oleh Daniel karena di saat seperti inilah dia bisa berkumpul dengan keluarga tercinta.

Dalam doa Natal tahun ini Daniel berharap kedamaian, “karena kedamaian adalah keberadaan seseorang yang baik dan itulah arti natal sebenarnya,” tutur Daniel kepada Gus Miftah.

Tak hanya itu, isu sara yang juga mencuat beberapa waktu belakangan ini membuat keresahan tersendiri bagi Daniel. Daniel pun mengajarkan indahnya bertoleransi dalam kehidupan kepada kedua anaknya.

“Kenapa pelangi itu indah? Pelangi indah karena berbeda warna,” itulah yang disampaikan Gus Miftah terkait keberagaman yang ada di Indonesia.

Gus Miftah juga berkata, “Jangan menyatukan semua agama, ras, suku dengan dalih pluralisme, karena sejatinya mereka berbeda. Biarkan mereka berkata bagimu agamamu, bagiku agamaku.”

Daniel Mananta akan hadir dan bercerita suka cita Natal tahun ini di tengah pandemi Covid-19 dalam program “Ngobrol Bareng Gus Miftah” spesial Natal Jumat, 25 Desember 2020 pukul 20.00 WIB di stasiun televisi milik MNC Group, iNews. Ikuti pula program ini melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini