Beredar Surat Telegram Kapolri soal FPI Resmi Dibubarkan

Tim Okezone, Okezone · Kamis 24 Desember 2020 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 24 337 2333303 beredar-surat-telegram-kapolri-soal-pembubaran-fpi-jB33nwi0Yl.jpg FPI. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Beredar Surat Telegram (STR) Kapolri Jenderal Idham Azis, tertanggal 23 Desember 2020, tentang pembubaran sejumlah organisasi masyarakat (Ormas). Salah satu yang dibubarkan adalah Front Pembela Islam (FPI).

Dalam STR/965/XI/IPP.3.1.6/2020 disebutkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu) mengenai Pembubaran Ormas.

Perppu tersebut disebut jadi dasar untuk membubarkan ormas yang dianggap tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 dan aturan yang berlaku lainnya.

Selanjutnya disebutkan, dalam Perppu tersebut ada 6 Ormas keagamaan, yakni Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Aliansi Nasional Anti Syiah (Annas), Jamaah Ansarut Tauhid (JAT), Majelis Mujahidin Indonesia (MMI), Forum Umat Islam (FUI), dan FPI, yang disebut secara sah tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas organisasinya.

Baca Habib Rizieq Tersangka Kerumunan di Bogor, FPI: Hukum Negeri Ini Makin Lucu

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Argo Yuwono mengaku belum memonitor kabar tersebut. Okezone masih berusaha menkonfirmasi kabar ini ke pihak FPI.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini