Letjen Herindra Bakal Dilantik Jadi Wamenhan, Pengamat: Tantangannya Hadapi Ancaman Nirmiliter

Tim Okezone, Okezone · Rabu 23 Desember 2020 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 337 2332565 letjen-herindra-bakal-dilantik-jadi-wamenhan-pengamat-tantangannya-hadapi-ancaman-nirmiliter-FZcFaIKKhE.jpg Letjen TNI Muhammad Herindra (Foto: TNI)

JAKARTA - Pengamat Militer Susaningtyas Kertopati mengapresiasi langkah Joko Widodo yang menunjuk Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan).

Wanita yang akrab disapa Nuning tersebut menjelaskan bahwa penunjukan Letjen TNI Herindra sangat tepat, mengingat track record-nya yang bagus, lulus AKABRI tahun 1987 dengan predikat Adhimakayasa.

"Saat sebagai Komandan Kopassus juga banyak inovasi dilakukannya guna membangun institusi pasukan khusus tersebut," jelasnya kepada Okezone, Rabu (23/12/2020).

Menurut Nuning, kedudukan Wamenhan banyak menangani pembangunan dan pengembangan sistem pertahanan sangat cocok diberikan kepada Herindra yang bukan hanya paham soal kemiliteran, tetapi juga sistem pertahanan yang bersifat manajerial.

Baca Juga: Letjen Herindra Bakal Isi Pos Wakil Menteri Pertahanan

Nuning melanjutkan, tantangan kedepan yang akan dihadapinya bukan lagi melulu ancaman yang bersifat konvensional. Saat ini, jelasnya, semua negara tengah menghadapi Wabah Covid-19 yang merupakan ancaman nirmiliter.

"Ancaman nirmiliter berbeda dengan ancaman militer dan ancaman nonmiliter. Ketiganya kini dikenal sebagai ancaman hybrida dan telah merubah perspektif ancaman di masa mendatang. Senjata biologi dan pertahanan negara anti senjata biologi merupakan ilmu pengetahuan yang harus dikuasai sistem pertahanan kita. Pada masa depan ancaman Nubika (Nuklir, Biologi, Kimia) harus masuk dalam kewaspadaan kita," jelasnya.

"Diharapkan ke depan TNI semakin baik pengembangan SDM-nya dengan pembinaan dan pendidikan yang semakin maju serta memiliki lebih banyak perwira intelektual," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini