Menanti Gebrakan Sandiaga Uno hingga Risma di Kabinet Indonesia Maju

Agregasi Sindonews.com, · Selasa 22 Desember 2020 21:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 337 2332422 menanti-gebrakan-sandiaga-uno-hingga-risma-di-kabinet-indonesia-maju-LKNPbcdprI.jpeg Foto: Muchlis Jr/ Biro Setpers

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan reshuffle kabinet pada Selasa (22/12/2020). Kocok ulang kabinet ini menarik karena Mantan rival Jokowi di Pilpres 2019, Sandiaga Uno ditunjuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf).

(Baca juga: Jokowi Tunjuk Gus Yaqut Jadi Menag, Fachrul Razi Pindah dari Widya Chandra)

Selain itu, mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) didapuk menjadi Menteri Sosial (Mensos) oleh Jokowi. Politikus PDIP itu menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Jokowi juga menunjuk Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesehatan (Menkes). Selanjutnya Yaqut Cholil Quoumas sebagai Menteri Agama (Menag), Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Muhammad Lutfi menjadi Menteri Perdagangan (Mendag).

Ketika diumumkan sore ini, Selasa (22/12/2020), keenamnya kompak muncul di hadapan Jokowi dan kamera dengan pakaian yang sama, yaitu kemeja putih serta celana hitam. Pakaian lain yang menyatukan mereka adalah jaket biru polos.

(Baca juga: Sindir Rizieq, Yusril: Kenapa Gak Minta Bantuan ke Prabowo, Saya kan Murtad dan Kafir!)

Sementara itu, Sandiaga mengaku prihatin dengan kondisi penyebaran Covid-19 yang berdampak langsung pada pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Tentunya, kita sangat prihatin dengan Covid-19.Perkembangan dari pandemi ini yang betul-betl menjadikan kehidupan berbangsa bernegara yang berkaitan dengan aspek kesehatan dan juga aspek ekonomi, terutama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga di Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Mantan Wakli Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan, belasan juta pekerja sektor pariwisata terkena dampak dari Covid-19. Akibatnya, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) menjadi jalan terakhir yang harus ditempuh para pengusaha.

"Oleh karena ini tentunya tugas yang sangat berat amanah yang tentunya penuh dengan tantangan,” tandasnya.

Sementara itu, Tri Rismaharini mengaku kaget ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Sosial. Meskipun diakuinya bahwa isu penunjukannya sudah berkembang akhir-akhir ini.

“Terus terang saya cukup kaget meskipun sudah banyak yang membicarakan. Tapi terus terang saya tidak pernah berpikir atau membayangkan menjadi menteri,” katanya saat konferensi pers.

Dia pun akan mengabdi dengan jabatan barunya. Selain itu dia mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin atas kepercayaannya.

“Karena ini kepercayaan bapak presiden dan bapak wakil presiden. Dan ini saya mengabdi untuk negara maka saya matur nuwun kepercayaan,” tuturnya.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) Haris Pertama, mengatakan, pilihan Jokowi terhadap Risma dan Sandiaga Uno dinilainya sangat tepat.

Telah banyak prestasi yang ditorehkan Tri Rismaharini selama memimpin Kota Surabaya sejak 2010, Tri Rismaharini dua kali dinobatkan sebagai wali kota terbaik dunia pada 2014 dan 2015. “Bu Risma memiliki jiwa sosial yang tinggi dan juga dekat dengan rakyat selamat menjadi wali kota Surabaya 2 periode,” ujar Haris.

Dijelaskan Haris, Risma memiliki track record yang baik sehingga prestasinya banyak dianggap layak untuk menempati kursi Mensos menggantikan Juliari Batubara

"Dedikasi dan prestasi Risma selama dua periode menjadi wali kota surabaya sudah teruji. Risma juga sering turun ke bawah atau blusukan melihat masyarakat seperti Presiden Jokowi," imbuhnya.

Sementara itu, Haris juga meyakini, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) dapat meningkatkan pariwisata Indonesia meski di tengah pandemi.

“Sandiaga sebagai Menparekraf mempunyai program kepariwisataan yang baik dan juga Konsen dalam bidang ekonomi kreatif,” ujarnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini