Reshuffle Kabinet, Jokowi Pilih Sakti Wahyu Trenggono Bukan Susi

Sazili Mustofa, Koran SI · Selasa 22 Desember 2020 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 337 2332222 reshuffle-kabinet-jokowi-pilih-sakti-wahyu-trenggono-bukan-susi-NgSDsGbAqn.jpg Sakti Wahyu Trenggono Menteri KKP.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono, ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menggantikan Edhy Prabowo yang ditangkap KPK.

Wakil Prabowo yang memiliki kedekatan dengan Jokowi itu, dianggap pantas dan memiliki kemampuan mengisi pos yang ditinggalkan Edhy Prabowo.

Sebelumnya, sempat beredar isu bahwa Susi Pudjiastuti akan kembali menduduki jabatan Menteri KKP. Nama Susi mencuat, karena dia dianggap berani dan bersih dari korupsi.

Namun ternyata, Jokowi lebih memilih Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M sebagai Menteri KKP.

Pria kelahiran Semarang, 3 November 1962 adalah politikus dan pengusaha. Sempat menjadi bendahara Partai Amanat Nasional dari 2009-2013, dia menjadi bendahara tim pemenangan Joko Widodo di Pilpres.

Sakti Wahyu Trenggono lulusan S-2 Magister Management Institut Teknologi Bandung ini, memulai karier di Federal Motor sebagai programmer pada tahun 1986–1992 dan saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Perencanaan dan Pengembangan INKUD, dan juga sebagai komisaris di PT. Tower Bersama Tbk dari tahun 2009.

Dia juga menjabat sebagai Komisaris di PT. Merdeka Copper Gold Tbk dari tahun 2018. Tak hanya di menara, beliau juga salah satu pengusaha lokal yang pertama bermain cloud melalui Indonesian Cloud. Pria ini juga salah satu inisiator berdirinya Asosiasi Penyedia Menara Telekomunikasi Indonesia (ASPMITEL).

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini