Gantikan Edhy Prabowo, Jokowi Tunjuk Wahyu Sakti Trenggono sebagai Menteri KKP

Tim Okezone, Okezone · Selasa 22 Desember 2020 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 337 2332197 presiden-jokowi-tunjuk-wahyu-sakti-trenggono-sebagai-menteri-kkp-ircMBkGy3U.jpg Foto: Okezone

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menujuk Wahyu Sakti Trenggono menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, dalam jumpa persnya di Istana Merdeka Selasa (22/12/2020).

Sebelumnya, Wahyu menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan mendampingi Prabowo Subianto. Dia juga merupakan mantan bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

(Baca juga: Sindir Rizieq, Yusril: Kenapa Gak Minta Bantuan ke Prabowo, Saya kan Murtad dan Kafir!)

Sebelum diangkat menjadi Wamenhan, kala itu, namanya bahkan disebut-sebut sebagai calon kuat Menteri BUMN. Maklum, selama ini sosok ini dikenal cukup dekat dengan Presiden Jokowi. Selain itu, posisinya di TKN Jokowi-Ma'ruf kala itu juga cukup strategis sebagai bandahara.

Dikutip dari Wikipedia, sosok kelahiran Semarang, 3 November 1962 itu selain sebagai politisi, juga sebagai pengusaha papan atas nasional. Ia sempat menjadi bendahara Partai Amanat Nasional dari 2009 sampai sekitar tahun 2013 saat ketua umum partai kala itu dijabat Hatta Rajasa.

Kedekatannya dengan Jokowi juga sudah terjalin cukup lama. Bahkan, Wahyu Sakti Trenggono menjadi bendahara tim pemenangan Jokowi sejak mantan gubernur DKI Jakarta itu masih berkiprah di Solo sebelum akhirnya maju ke Jakarta dan tingkat nasional sebagai presiden.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini