Share

Komnas HAM Investigasi Mobil Laskar FPI yang Ditembaki Polisi, Ini Foto-fotonya

MNC Media, · Senin 21 Desember 2020 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 337 2331648 komnas-ham-investigasi-mobil-laskar-fpi-yang-ditembaki-polisi-ini-foto-fotonya-eD0cYx38k8.jpg Foto: Sindonews/ Isra Triansyah

JAKARTA โ€“ Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) melakukan cek fisik kendaraan dari kepolisian dan anggota Laskar Khusus Front Pembela Islam (FPI) yang terlibat baku tembak di Jalan Tol Jakarta Cikampek KM 50, pada Senin 7 Desember lalu.

(Baca juga: Komnas HAM Konfirmasi Temuan Mobil Laskar FPI yang Tewas ke Kabareskrim)

Dalam peristiwa tersebut, enam Laskar FPI tewas. Mereka adalah Faiz, Ambon, Andi, Reza, Lutfi dan Khadafi. Mereka semua diketahui merupakan anggota Laskar FPI DKI Jakarta yang sedang mengawal Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

ist

Tiga komisioner Komnas HAM yang datang ke Polda Metro Jaya adalah Choirul Anam, Beka Ulung dan Aminudin. Ketiganya datang sekitar pukul 14.20 WIB dan langusng ditemui oleh DIrtipidum Bareskrim Brigjen Andi Riyan dan Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat.

Ketiga komisioner komnas HAM tersebut langsung menuju lokasi penyimpanan mobil milik anggota FPI dan kepolisian yang terlibat penyerangan tersebut.

ist

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung mengapresiasi pihak Kepolisian yang telah memberikan akses secara penuh terhadap barang bukti kendaraan yang selama ini menjadi alat bukti utama dalam kasus tersebut.

โ€œKami apresiasi apa yang dilakukan oleh Polri karena kami diperkenankan cek fisik kendaraan yang menjadi barang bukti,โ€ katanya di Polda Metro Jaya, Senin (21/12/2020).

ist

Dia menjelaskan, ada tiga kendaraan yang diperiksa oleh pihaknya. Yaitu dua kendaraan berwarna silver milik angota kepolisian Daihatsu Xenia dan sebuah mobil bermerek Chevrolet Spin yang digunakan oleh anggota Laskar Khusus diperkenankan oleh pihak kepolisian untuk diperiksa.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

โ€œKami boleh melakukan pemeriksaan secara fisik baik itu dari luar dan juga kami bisa memeriksa kondisi dalam kendaraan,โ€ tegasnya.

Setelah ini, pihak Komnas HAM akan menindaklanjuti kembali karena ada beberapa hal yang membutuhkan pendalaman kembali. Menurutnya, dalam pemeriksaan barang bukti yaitu kendaraan pihaknya juga akan memeriksa darah yang ada dalam mobil tersebut.

โ€œSore ini kami akan validasi kembali hasil pemeriksaan, dan kami juga akan menambahkan kembali keterangan saksi-saksi,โ€ tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini