Ini Alasan Jamaah Islamiyah Cari Dana Lewat Kotak Amal

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 17 Desember 2020 17:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 337 2329636 ini-alasan-jamaah-islamiyah-cari-dana-lewat-kotak-amal-KdLeP1ZRio.jpg Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Argo Yuwono (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengungkap, alasan kelompok terorisme Jamaah Islamiyah (JI) diduga mencari dana melalui kotak-kotak amal yang disebar di lingkungan masyarakat.

Menurut Argo, sasaran kotak amal disebar di lini masyarakat lantaran strategi pengumpulan sesama anggota JI, sudah tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan kelompok tersebut.

"Untuk organisasi teroris khususnya Jamaah Islamiah saat ini mulai berusaha untuk Go Publik atau terjun ke masyarakat, karena semakin sulitnya mengumpulkan dana jika hanya lewat Infaq Anggota maupun Ikhtisod. Jumlahnya tidak pasti dan tidak selalu ada," kata Argo dalam keteranganya, Jakarta, Kamis (17/12/2020).

Baca juga:  Polisi Ungkap Ciri-Ciri Kotak Amal yang Diduga Jadi Pendanaan Jamaah Islamiyah

Selain itu, kelompok tersebut, dijelaskan Argo, juga sangat menyeleksi anggotanya yang memang ditugaskan untuk terjun ke dalam barisan lingkungan masyarakat.

Baca juga: Banyak Kotak Amal Bertebaran di Swalayan dan Minimarket, Polda Lampung Perketat Pengawasan 

"Untuk Jamaah Islamiah, pemilihan anggota Jamaah Islamiah yang mengemban tugas untuk Go Publik memiliki persayaratan seperti Namanya masih bersih dari keterangan BAP Anggota yang sudah ditangkap, dan biasanya sudah vakum dalam waktu yang cukup lama. Jamaah Islamiah sendiri belum pernah menggunakan Yayasan Palsu," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini