23 Tersangka Jaringan Islamiyah Tiba Di Bandara Soekarno-Hatta, Salah Satunya "Otak" Bom Bali I

Isty Maulidya, Okezone · Rabu 16 Desember 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 337 2328683 23-tersangka-jaringan-islamiyah-tiba-di-bandara-soekarno-hatta-salah-satunya-otak-bom-bali-i-irRnOPmnkJ.jpg 23 teroris dari Jamaah Islamiyah tiba di Bandara Soetta (Foto : Okezone.com/Isty)

TANGERANG - Sebanyak 23 teroris dari jaringan Jamaah Islamiyah tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan pesawat Carter Batik Air A30 pada Rabu (16/12/2020) sekira pukul 12.30 WIB. Seluruh tersangka mengenakan pakaian tahanan berwarna oranye serta tangan dan kedua kakinya diborgol.

Salah satu dari mereka adalah dalang peristiwa Bom Bali I, pimpinan Askari Markaziah Jamaah Islamiyah, Zulkarnain.

Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan dari ke 23 tersangka tersebut terdapat dua tersangka yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polri selama belasan tahun, yaitu Zulkarnain serta Upik Lawangan yang merupakan otak dari Bom Bali 1 pada tahun 2001 lalu.

"Tersangka Zulkarnain merupakan pimpinan Askari Markaziah Jamaah Islamiyah, dan otak dari Bom Bali 1. Sementara Upik Lawangan adalah anggota JI yang terlibat dalam Bom Tentena Poso," ujarnya.

Sementara 21 tersangka lainnya merupakan anggota JI yang berpotensi serta dapat berkontribusi dalam tindakan teror yang bisa saja terjadi di kemudian hari.

Baca Juga : Anak Kapolda Metro Diserang Netizen: Oh Ini Usia 24 Tahun Hartanya Rp17 Miliar

Setelah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, seluruh tersangka akan ditempatkan di tahanan khusus teroris, namun untuk lokasi tepatnya belum dapat diinformasikan.

"21 tersagka lainnya berpotensi dan dapat berkontribusi dalam tinda teror di kemudian hari. Selanjutnya dibawa ke tahanan teroris," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini