Share

Hakordia 2020, Presiden Jokowi Sebut Profesionalitas Aparat Punya Posisi Sentral

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 16 Desember 2020 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 337 2328517 hakordia-2020-presiden-jokowi-sebut-profesionalitas-aparat-punya-posisi-sentral-exl0YUaqx0.jpg Presiden Joko Widodo (foto: Biro Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, profesionalitas aparat penegak hukum memiliki posisi sentral dalam pencegahan dan penindakan korupsi. Penegakkan hukum tersebut harus diarahkan untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan yang bersih.

"Profesionalitas aparat penegak hukum mempunyai posisi yang sangat sentral dalam penindakan dan juga pencegahan, namun orientasi dan mindset dalam pengawasan dan penegakan hukum harus diarahkan untuk perbaikan tata kelola dan pencegahan korupsi," ucapnya dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2020 secara virtual, Rabu (16/12/2020).

Baca juga:  Presiden Jokowi Bakal Buka Puncak Hari Anti-Korupsi Sedunia

Menurut Jokowi, kinerja penegakkan hukum bukan diukur dari seberapa banyak kasus yang ditemukan, tetapi bagaimana mencegah secara berkelanjutan agar tindak pidana korupsi itu tidak sampai terjadi lagi.

"Upaya pemberantasan korupsi membutuhkan kegigihan dan konsistensi yang luar biasa, butuh orkestrasi kebersamaan yang luar biasa untuk mencegahnya, butuh inovasi dan kerja sistematis untuk menutup peluang bagi terjadinya korupsi dan perlu tindakan yang adil dan konsisten untuk menindak para pelaku pidana korupsi," tuturnya.

Baca juga:  Presiden Jokowi Bicara Reformasi Struktural Besar-besaran di Hakordia 2020 

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan pembenahan sistem yang sedang dilakukan memerlukan dukungan pengawasan yang efektif baik oleh pengawas internal di institusi pemerintah, maupun pengawas eksternal. Selain itu perlu juga mengundang partisipasi publik untuk mengawasi kerja aparat pemerintah.

"Saya berharap dengan langkah-langkah yang sistematis, yang sistemik dari hulu sampai hilir kita bisa lebih efektif memberantas korupsi, lebih efektif memberantas kemiskinan dan mengurangi pengangguran dan menjadikan Indonesia negara maju yang kita cita-citakan," tutup Jokowi.

Follow Berita Okezone di Google News

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini