Cegah Covid-19, Pemerintah Siapkan Mekanisme Perjalanan Antarkota saat Libur Panjang

Dita Angga R, Sindonews · Selasa 15 Desember 2020 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 337 2328254 cegah-covid-19-pemerintah-siapkan-mekanisme-perjalanan-antarkota-saat-libur-panjang-7nm3sPE3Uk.jpg Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito (Foto: BNPB)

JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah terus melakukan upaya mitigasi risiko mobilitas saat pandemi Covid-19. Dia menyebut saat ini pemerintah tengah melakukan finalisasi kebijakan perjalanan di saat pandemi. Salah satunya terkait dengan syarat dan mekanisme perjalanan antarkota.

“Pemerintah saat ini sedang melakukan finalisasi kebijakan terkait dengan pelaku perjalanan terutama antarkota yang meliputi persyaratan sampai dengan mekanisme perjalanan dan kembali ke tempat asalnya,” katanya saat konferensi pers, Selasa (15/12/2020).

Baca Juga:  MUI: Vaksin Covid-19 Harus Penuhi Standar Halal dan Thoyyib

Dia mengatakan langkah ini diambil pemerintah untuk mencegah tingginya penularan Covid saat masa liburan. “Pengambilan kebijakan terkait dengan pelaku perjalanan ini dilakukan karena selalu ada tren kenaikan kasus setiap liburan panjang,” ungkapnya.

Baca Juga: KRL Kembali Padat, Netizen Keluhkan Prokes Covid-19 

Namun begitu, Wiku tetap mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota jika tidak mendesak. “Saya mengimbau kepada masyarakat jika perjalanan yang akan dilakukan tidak mendesak diharapkan untuk tidak melakukan perjalanan. Perjalanan memang tidak selalu berbahaya namun orang yang berasal dari daerah dengan risiko transmisi tinggi berpotensi membawa penyakit ke daerah yang mereka tuju,” pungkasnya.

Baca Juga: 46 RW di Jakarta Zona Rawan Covid-19 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini