Rekonstruksi Laskar FPI: Komnas HAM hingga KontraS Diundang, yang Datang Cuma Kompolnas

Muhamad Rizky, Okezone · Selasa 15 Desember 2020 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 337 2328125 rekonstruksi-laskar-fpi-komnas-ham-hingga-kontras-diundang-yang-datang-cuma-kompolnas-MUqNr0b9qP.jpg Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Bareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan, mengundang sejumlah pengawas eksternal saat dilakukan rekonstruksi penembakan enam laskar Front Pembela Islam (FPI) di Km 50 Tol Jakarta Cikampek. Namun, hanya Kompolnas yang datang.

"Kami berupaya profesional, transparan dan objektif dengan selalu melibatkan rekan media, pengawas eksternal, Komnas HAM, Amnesty Intersnioal, Imparsial, Kompolnas. Walaupun yang datang hanya dari Kompolnas," ujarnya saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Baca Juga:  Kabareskrim Tegaskan Rekonstruksi Penembakan 6 Laskar FPI Transparan & Objektif

Kendati demikian, pihaknya menghargai independensi pengawas eksternal. Untuk itu, bila ada perkembangan selanjutnya, pihaknya membuka ruang apabila ada informasi baru atau saksi-saksi baru yang memahami atau mengetahui peristiwa yang terjadi untuk diperiksa sebagai tambahan melengkapi penyidikan.

"Kami terus jaga transparansi, profesionalisme dan tentunya di dalam setiap perkembanganya akan kita rilis pada saat penyidikannya yang nanti jauh lebih lengkap," katanya.

 

Penembakan terhadap enam laskar FPI terjadi pada Senin 7 Desember 2020 dini hari, sehingga rekonstruki penembakan enam laskar FPI di KM 50 Tol Jakarta Cikampek telah dilakukan pada pada Senin 14 Desember 2020 dini hari. Sebanyak 11 adegan diperagakan. Rekonstruksi diawali dari lokasi pertama di Bundaran Hotel Novotel.

Baca Juga:  Kabareskrim: Rekonstruksi Penembakan 6 Laskar FPI Bukan Hasil Final!

Enam laskar FPI yang tewas yakni, Andi Oktiawan, Ahmad Sofiyan alias Ambon, Faiz Ahmad Syukur, Muhammad Reza, Lutfi Hakim, Muhammad Suci Khadavi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini