63% Keberhasilan Sosialisasi Perubahan Perilaku Adalah Peran Media

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 14 Desember 2020 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 337 2327379 63-keberhasilan-sosialisasi-perubahan-perilaku-adalah-peran-media-dHuF81SmjB.jpg Doni Monardo (Foto : BNPB)

JAKARTA - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo menegaskan 63% keberhasilan program perubahan perilaku disiplin protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) adalah peran dari media.

Diketahui, saat ini Dewan Pers bersama dengan Satgas Penanganan Covid-19 menyelenggarakan Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku dengan jumlah penerima fellowship lebih 4.000 peserta dari para insan media.

Doni dalam sambutannya mengapresiasi program ini karena membantu Satgas untuk mengoreksi berita mengenai Covid-19 yang tidak benar.

“Kami laporkan bahwa Satgas sangat-sangat terbantu dengan adanya program ini,” ungkap Doni dalam sambutannya pada acara “Pembekalan Peserta Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku” secara virtual, Senin (14/12/2020).

Lalu, kenapa program ini menjadi salah satu program prioritas? “Dari data yang kami peroleh, keberhasilan sosialisasi dalam menghadapi Covid-19 ini tidak terlepas dari peran media. Dan tercatat tidak kurang dari 63% keberhasilan program sosialisasi itu ditentukan oleh media,” ungkapnya.

Baca Juga : Wapres: Perubahan Perilaku Berkelanjutan Penting demi Akhiri Covid-19

Sebelum ada program ini, Doni mengatakan sangat banyak sekali berita-berita yang menyimpang dari fakta dan kenyataan. Pihaknya di Satgas pun kesulitan untuk membantahnya dan mengoreksinya.

"Namun, sejak tiga bulan terakhir ini, setiap ada berita-berita yang mengarah kepada hoaks atau berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, kami dibantu oleh teman-teman wartawan yang tergabung dalam Fellowship Journalisme,” kata Doni.

Dia pun mengucapkan terimakasih kepada seluruh insan pers media yang telah membantu dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Sekali lagi, kami keluarga besar Satgas Covid-19 menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para wartawan yang juga adalah sebagai relawan yang telah bersedia membantu bangsa kita, membantu masyarakat kita, untuk bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19,” tegasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini