Peristiwa 14 Desember: Penembakan Massal di SD Connecticut Amerika Serikat

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 14 Desember 2020 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 337 2327066 peristiwa-14-desember-penembakan-massal-di-sd-connecticut-amerika-serikat-HpOQuBG0tg.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada tanggal 14 Desember tiap tahunnya. Beberapa diantaranya adalah penembakan massal di SD Connecticut, Amerika Serikat

 Baca juga: Peristiwa 13 Desember: Diktator Irak Saddam Husein Ditangkap 

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 14 Desember dari Wikipedia, antara lain:

1. Penembakan di SD Connecticut Amerika Serikat

 

Pada tanggal 14 Desember 2012, seorang pria berpakaian hitam dan bersenjatakan dua pistol memasuki Sekolah Dasar Sandy Hook di desa Sandy Hook di Newtown, Connecticut, dan menewaskan 27 orang, termasuk dua puluh anak-anak, dalam penembakan massal.

Tiga anak yang ditembak di tempat kejadian dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis, di mana dua meninggal karena luka-luka. Itu adalah penembakan sekolah kedua paling mematikan dalam sejarah Amerika Serikat, setelah pembantaian Virginia Tech pada tahun 2007.

Si penembak, Adam Lanza, umur 20, membunuh dirinya sendiri selama insiden ini. Sebelum melakukan penembakan di sekolah, ia menembak dan membunuh ibunya di tempat tinggal mereka bersama di Connecticut.

Pacar Lanza dan teman-temannya dilaporkan hilang di New Jersey. Kakak laki-laki Lanza, Ryan dimintai keterangan oleh Polisi Negara Bagian Connecticut dan FBI, tetapi tidak dipanggil sebagai tersangka.

 

2. Meninggalnya Presiden pertama Amerika Serikat

George Washington lahir 22 Februari 1732 dan meninggal 14 Desember 1799. Ia adalah seorang jenderal dan negarawan yang dikenal sebagai salah satu Bapak Pendiri Amerika Serikatsekaligus presiden pertamanya dari tahun 1789 hingga 1797.

Ia memimpin pasukan Patriot selama Perang Revolusi Amerika dan berhasil mengantarkan mereka menuju pintu kemerdekaan dari Britania Raya. Ia juga mengepalai Konvensi Konstitusional 1787 yang mendirikan pemerintahan federal yang baru.

Berkat kepemimpinannya selama perjuangan untuk memerdekakan Amerika Serikat, ia diberi gelar "Bapak Bangsa".


3. Perjanjian Dayton

Perjanjian Dayton adalah nama untuk perjanjian untuk menghentikan perang Yugoslavia yang sudah berlangsung selama tiga tahun terakhir, terutamanya untuk masa depan Bosnia-Herzegovina. Perjanjian ini disetujui di Pangkalan Udara Wright-Pattersondi Dayton, Ohio.

Pertemuan tersebut berlangsung sejak 1 November hingga 2 November 1995. Peserta utamanya adalah presiden Serbia, Slobodan Milošević, presiden Kroasia, Franjo Tuđman, presiden Bosnia, Alija Izetbegović, kepala negosiator Amerika Serikat, Richard Holbrooke dan Jenderal Wesley Clark.

Persetujuannya ditanda tangani di Paris, Prancis pada 14 Desember.

Pembagian politik Bosnia-Herzegovina saat ini dan struktur pemerintahannya merupakan hasil persetujuan dari Perjanjian Dayton.

4. Lukisan Mona Lisa dihargai 100 juta USD

Pada tahun 1962, lukisan Mona Lisa dihargai 100 juta dolar AS - tertinggi dalam sejarah asuransi lukisan.

Mona Lisa adalah lukisan minyak di atas kayu poplar yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada abad ke-16. Lukisan ini sering dianggap sebagai salah satu lukisan paling terkenal di dunia dan hanya sedikit karya seni lain yang menjadi pusat perhatian, studi, mitologi, dan parodi. Lukisan ini dimiliki oleh pemerintah Prancis dan dipamerkan di Musée du Louvre di Paris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini